Sukses

Sejahterakan Masyarakat Ala Paket Lengkap Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir memberikan paket lengkap untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat Indonesia melalui terobosan transformasi di BUMN. Langkah itu dilakukan Erick Thohir untuk bisa memajukan perekonomian bangsa dengan memanfaatkan market besar yang ada.

“Kita sudah menyiapkan fasilitasnya, tinggal ingin dimanfaatkan atau tidak. BUMN sangat bertransformasi sekarang. Kita juga mendorong bagaimana kolaborasi BUMN dengan swasta, UMKM dan generasi muda. Kita membangun ekosistem-ekosistem, tinggal nanti harus pro aktif,” ujar Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (23/1/2022).

Selama memimpin Kementerian BUMN, Erick melakukan berbagai terobosan dan berhasil membuat sejumlah program serta kebijakan yang menunjang kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Program tersebut selain mampu menyentuh lapisan paling bawah masyarakat, juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

"Penciptaan lapangan kerja tidak dilakukan dengan ‘menggemukkan’ BUMN. Melainkan lewat program yang membuka lapangan kerja untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ucap Erick.

Contohnya ialah saat program PNM-Mekaar yang berhasil mencetak 11 juta ibupreneur. Menurut Erick, program Mekaar di saat yang bersamaan juga menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

"Kalau ibu-ibu Mekaar membuka lapangan kerja. Ada 5,2 juta nasabah baru, masing-masing ibu-ibu membuka satu, kalo ibu-ibu tambah satu berarti ada 5,2 juta lagi," jelas Erick.

Belum lagi program Makmur-Pupuk Indonesia yang telah memberdayakan 43.079 petani. Penyaluran KUR- Himbara yang mencapai 92,37 persen (Rp281,86 triliun) sepanjang 2021, 10.000 Pertashop, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu, Erick yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah menyiapkan sejumlah program untuk menyiapkan generasi muda adaptif dan melek teknologi. Erick percaya mimpi Indonesia Emas 2045 akan terwujud nyata dengan memfasilitasi para generasi muda.

“Hardware sudah ada, softwarenya mesti diisi. Kalau industri kreatif, anak muda jagonya. Saya membukakan jalanannya,” tutur Erick.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Generasi Muda

Adapun program yang diinisiasi oleh Erick yang berorientasi pada peningkatan kualitas generasi muda, seperti pembentukan BUMN muda, launching Gerakan #AkselerasiGenerasiDigital.

Di samping itu terdapat Program Santri Magang, Mahasiswa Magang Bersertifikat, dan #MuslimLeaderpreneur. Berkat terobosan dan transformasi yang dilakukan oleh Erick, Kementerian BUMN berhasil meningkatkan laba bersih di kementeriannya sebesar Rp 61 triliun, dari Rp 13 triliun pada 2020 lalu.

Hal itu dikarenakan keberhasilan Erick dalam membuat sejumlah kebijakan, termasuk melahirkan program dan kebijakan yang sesuai dengan keadaan masyarakat. Terakhir, Erick mengatakan keberhasilan yang diraih oleh BUMN tak bisa dilakukan sendiri.

Ia mengatakan dibutuhkan seluruh stakeholder terkait, untuk bisa bersama-sama dalam memajukan perekonomian Indonesia, mulai dari pemerintah pusat, daerah, swasta, hingga para pengusaha dan pelaku usaha.

“Karena itu, kita benar-benar concern, benar-benar mendorong, agar market kita jangan lagi hanya dijadikan pertumbuhan bangsa lain. Market kita harus jadi pertumbuhan bangsa kita. Sumber daya kita harus dipakai pertumbuhan ekonomi kita, bukan bangsa lain,” tutup mantan Presiden Inter Milan tersebut.