Sukses

Cerita Miliarder Kripto AS Pilih Hengkang ke Puerto Rico demi Pajak Murah

Sejumlah miliarder kripto di AS banyak yang pindah ke Puerto Rico demi beban pajak yang lebih rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha kripto dan investor David Johnston membagikan cerita ketika memutuskan pindah ke Puerto Rico bersama seluruh anggota keluarganya, pada Maret 2021.

Diketahui, pria berusia 36 tahun itu telah terlibat dalam dunia bisnis kripto sejak 2012.

Selain fakta bahwa Puerto Rico menawarkan iklim tropis dengan pantai yang indah, wilayah di AS ini juga memiliki kebijakan yang ramah kripto, termasuk potongan pajak besar bagi mereka yang menghabiskan setidaknya 183 hari di pulau itu setiap tahun.

Penduduk dapat tetap memegang paspor Amerika mereka sementara pada saat yang sama tidak harus membayar pajak atas keuntungan modal.

Hal ini tentunya membantu Johnston.

"Di sanalah semua temanku berada. Saya tidak punya satu teman pun di New York, dan mungkin pandemi mempercepat ini, tetapi masing-masing dari mereka telah pindah ke Puerto Rico," ungkap Johnston, dilansir dari laman CNBC, Selasa (18/1/2022).

Johnston juga mengungkapkan bahwa Puerto Rico membuatnya teringat pada Austin di tahun 2012. Sebelum Tesla, Samsung, dan Apple membantu mengubah ibukota Texas tersebut menjadi salah satu pusat teknologi terbesar di AS, dia mengatakan kota itu terasa kecil.

"Di situlah komunitas saya. Di situlah orang-orang yang saya kenal dan cintai pergi, dan mereka pergi ke sana untuk membangun sesuatu yang keren. Sesuatu yang membantu orang biasa, dan itulah yang saya sukai dari open source. Itulah yang saya sukai dari blockchain. Terbuka untuk siapa saja," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puerto Rico jadi Pilihan Destinasi Bagi Pengusaha Aset Kripto

Puerto Rico dengan cepat menjadi pilihan baru untuk kontingen crypto.

Whistleblower Facebook Frances Haugen, yang mengatakan kepada New York Times bahwa dia membeli kripto " dipada waktu yang tepat,” pindah dari San Francisco ke Puerto Rico tahun lalu, untuk bisa alebih dekat dengan teman-teman sesama pengusaha kripto-nya di pulau itu.

YouTuber dan investor NFT terkenal di AS, yakni Logan Paul juga mendirikan usahanya di sana.

Sementara itu, Johnston mengatakan seluruh gedung kantornya dipenuhi oleh perusahaan rintisan dan kripto.

"Pantera Capital (dana crypto) ada di lantai lima dan kemudian ada ruang kerja bersama di lantai enam. Perusahaan saya, DLTx, mengambil lantai delapan, dan NFT.com mengambil alih lantai dua belas. Itu semua terjadi dalam 12 bulan terakhir, ungkap Johnston kepada CNBC.

Redwood City Ventures, dana yang berinvestasi di perusahaan bitcoin dan blockchain, juga telah membuka kantornya di Puerto Rico.

Bagi banyak orang, daya tarik besar ke pulau itu berkaitan dengan UU 60, yang menawarkan penghematan pajak yang signifikan bagi penduduk yang memenuhi syarat.

Di AS, investor membayar sebanyak 37 persen untuk keuntungan modal jangka pendek dan hingga 20 persen untuk keuntungan jangka panjang, yang berlaku untuk kripto dan aset lain yang disimpan selama lebih dari setahun.

Salah satu keringanan pajak berdasarkan Undang-Undang 60, yang dikenal sebagai Undang-Undang Investor Perorangan di AS, menurunkan kewajiban pajak itu menjadi nol jika kualifikasi tertentu terpenuhi. Ini sangat besar bagi pengusaha dan pedagang kripto.

Ada juga insentif pajak besar bagi pemilik bisnis untuk berakar di Puerto Rico. Perusahaan di AS, dikenakan pajak perusahaan federal sebesar 21 persen, ditambah pajak negara bagian, yang bervariasi.

Jika sebuah perusahaan mengekspor layanannya dari Puerto Rico, ke AS, atau benar-benar, di tempat lain, mereka membayar tarif pajak perusahaan hanya 4 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.