Sukses

Kepala PPSDM Geominerba Jadi Pemateri di Forum HRD Perusahaan Pertambangan

Liputan6.com, Jakarta PPSDM Geominerba menggelar Forum HRD perusahaan pertambangan di Bali  selama dua hari, pada 14-15 Desember 2021.

Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro menjadi salah satu yang memberikan pemaparan pada acara yang diikuti 47 orang perwakilan perusahaan pertambangan ini. 

Dia memberikan materi terkait Sumber Daya Manusia Unggul bidang pertambangan mineral dan batubara menghadapi revolusi industri 4.0.

Keberadaan forum HRD perusahaan pertambangan diharapkan dapat membangun link and match dan standar kompetensi dalam pengembangan SDM.

Acara ini juga digelar untuk membangun komunikasi dan sinergi dalam pengembangan SDM di industri pertambangan di Indonesia. 

Saat ini komunikasi dan interaksi antara pemerintah sebagai regulator dan instansi pembina lebih banyak dilakukan kepada aspek operasional keteknisan mulai dari kegiatan eksplorasi hingga pascatambang.

Aspek penyediaan dan pengembangan SDM perusahaan seringkali dipandang sebelah mata, padahal untuk menjawab tantangan permasalahan saat ini, kualitas SDM perusahaan merupakan salah satu kunci dari penyelesaiannya.

Adapun pengisi acara ini yakni Sujatmiko yang mewakili Direktur Jenderal Mineral dan Batubara. Dia menjadi pengisi di hari pertama.

Dengan materi pembahaman terkait Kebijakan Pengelolaan Pertambangan Minerba Pasca Terbitnya UU No. 3 Tahun 2020.

Turut memberikan materi Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulianto Nurtjahyo terkait Pengembangan Kompetensi SDM Bidang Pertambangan Berbasis Kebutuhan Industri dan Perannya dalam Penerimaan Negara.

Sesi kedua kegiatan yang dilakukan secara panelis ini, para peserta diberikan materi terkait Kebijakan Pengusahaan Kegiatan Pertambangan Mineral yang disampaikan oleh Sugeng Mujianto.

Kemudian Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral, Kebijakan Pengusahaan Kegiatan Pertambangan Batubara yang disampaikan Surya Herjuna mewakili Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batubara.

Adapula soal Kebijakan Pengelolaan K3 dan Lingkungan Pertambangan Mineral dan Batubara yang diwakili Putu Kambium Prasaba dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara.

Selain itu Ira Dhamayanti Kamal perwakilan MIND.ID memberikan pemaparan terkait kebutuhan SDM dan program pengembangan SDM di insutri pertambangan mineral.

Kemudian Pengembangan Pusat Pelatihan dan Museum Gunungapi Batur melalui kerja sama kemitraan yang disampaikan oleh Ella Ubaidi. Serta Development Program PT Bukit Asam diwakili oleh Muhamad Agus Mashrukin.(*)