Sukses

Bantu UMKM, PPSDM Geominerba Kasih Pelatihan di kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Batur

Kementerian ESDM bersama dengan Bidang Wirausaha Baru DEKRANAS, mengadakan webinar dan pelatihan di UNESCO Global Geopark Gunung batur.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui PPSDM Geominerba terus hadir di tengah-tengah masyarakat membantu mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di sektor geologi, mineral, dan batubara.

Serta penyiapan tenaga kerja lokal, membangun jiwa kewirausahaan, sehingga ke depan dapat menciptakan anggota masyarakat yang telah siap sebagai tenaga kerja dan mandiri dalam berusaha.

Seperti yang dilakukan dalam membantu pelaku UMKM di kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Batur, Bali yang terdampak pandemi.

"Pandemi covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, sangat berpengaruh terhadap sektor pariwisata, khususnya bagi pelaku usaha dan usaha pariwisata, tidak terkecuali di Pulau Bali yang sangat mengandalkan sektor Pariwisata," jelas Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro, Senin (6/12/2021).

Dia mengatakan jika upaya mendorong pengembangan UMKM di kawasan geopark yang terdampak krisis pandemi COVID-19 dilakukan pelaku UMKM bersama-sama Badan Pengelola Geopark, Pemerintah dan Pemangku Kepentingan melakukan berbagai hal demi lebih mengembangkan produk wirausaha khas geopark atau “Geoproduk”.

Kementerian ESDM bersama dengan Bidang Wirausaha Baru DEKRANAS, mengadakan webinar dan pelatihan di UNESCO Global Geopark Gunung batur.

Tema dipilih yakni “Strategi Promosi dan Pemasaran Geoproduk di Kawasan UGGp Gunung Batur”. Acara diselenggarakan di Museum Gunungapi dan Pusat Pelatihan Geominerba, Bangli, Provinsi Bali.

Kegiatan webinar dan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan dan wawasan para pelaku UMKM di kawasan geopark.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Peningkatan keterampilan dan perubahan wawasan diharapkan dapat mendorong perubahan pola pikir dan cara kerja pelaku UMKM sehingga dapat menghasilkan geoproduk yang lebih bervariatif, lebih berkualitas dan lebih luas pemasarannya.

Produk yang dimaksud geoproduk seperti replika batuan, replika fosil, replika mineral, cinderamata, kerajinan tangan lokal khas geopark, produk pertanian dan perkebunan berlabel geopark, kuliner khas daerah, pertunjukan kesenian lokal dan lainnya.

Ini untuk kali ketiga PPSDM Geominerba mengadakan Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan Unesco Global Geopark melalui sinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) bagi masyarakat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.