Sukses

Undang Delegasi Dunia ke Indonesia, Jokowi Ingin G20 Tak Sekadar Seremonial

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang sejumlah delegasi negara anggota G20 untuk datang ke Indonesia menyaksikan berbagai keindahan yang dimiliki tanah air. Ia pun menginginkan, presidensi G20 di Indonesia bukan sebatas acara seremonial.

“Saya ingin presidensi G20 di Indonesia tidak sebatas seremonial belaka, Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata, Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 menghasilkan terobosan-terobosan besar,” katanya dalam video sambutan di Opening Ceremony Presidensi G20, Rabu (1/12/2021) malam.

“Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini,” imbuh Jokowi.

Ia pun mengatakan presidensi G20 Indonesia akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Serta, Indonesia akan berusaha membangun tata kelola yang lebih adil dan berupaya memperkuat solidaritas dunia dalam mengatasi perubahan iklim.

“(serta) Pembangunan berkelanjutan dan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin,” katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kebersamaan

Lebih lanjut, Jokowi menyebut kebersamaan menjadi kunci dalam menghadapi masa depan. Dengan demikian ia juga mendorong terciptanya inisiatif dan hasil-hasil konkret kedepannya.

“Dengan semangat solidaritas, Indonesia berupaya keras untuk menghasilkan inisiatif-inisiatif konkret untuk mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat. Recover Together Recover Stronger,” katanya.

“Saya mengundang para delegasi untuk datang ke indonesia untuk melihat keindahan alam Indonesia untuk menyaksikan keunikan keragaman budaya Indonesia dan merasakan keramahtamahan masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Menutup sambutannya, Jokowi berjanji akan menyambut sejumlah delegasi yang datang menghadiri Presidensi G20 dengan penuh kegembiraan dan tangan terbuka.

“Selamat datang di Indonesia,” tutupnya.