Sukses

Jokowi: Investor Tidak Harus Asing, Pemodal Kecil Juga Harus Dilayani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai investasi merupakan jangkar pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai investasi merupakan jangkar pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Oleh karenanya, ia meminta pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) bisa memberikan pelayanan terbaik, baik kepada investor kecil maupun besar.

Dari hasil pemantauannya terhadap realisasi investasi di daerah, pelayanan jadi kunci utama atas masuknya investasi. Namun, tidak semua investor akhirnya jadi menanamkan modalnya meski telah diberikan pelayanan terbaik.

"Artinya apa, belum tentu kita layani dengan baik itu investor akan datang, apalagi tidak dilayani. Dilayani saja belum tentu investor datang mau berinvestasi, apalagi tidak dilayani dengan baik," ujar Jokowi dalam Rakornas dan Anugerah Layanan Investasi 2021, Rabu (24/11/2021).

Oleh sebab itu, ia meminta pola-pola layanan investasi jadul ditinggalkan. Dalam artian, pelayanan investasi tidak hanya diberikan kepada investor asing dengan segudang duit saja, tapi juga untuk para pemodal kecil.

"Berikan pelayanan yang terbaik untuk investor kecil, yang namanya usaha-usaha kecil itu juga investor, jangan keliru. Investor yang sedang juga layani dengan baik, investor yang gede juga layani dengan baik," ungkapnya.

"Investor yang kecil, usaha-usaha kecil itu layani dengan baik. Izin berikan semua, gratis, antarkan ke rumah, itu pelayanan," imbuh Jokowi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Kepala Daerah

Jokowi pun meminta segenap kepala daerah untuk memberikan target kepada masing-masing PTSP agar mempermudah proses perizinan investasi, sehingga investor bakal mudah mengakses lembaga keuangan maupun perbankan.

"Berikan target ke PTSP, misalnya pak gubernur, pak bupati, bapak/ibu walikota, beri target. Tahun ini, misalnya, 10 ribu usaha kecil berikan izin gratis," sebut Jokowi.

"Jadi sekali lagi, usaha kecil juga investor. Jangan punya bayangan investor itu harus asing, harus yang gede, ndak. Yang kecil itu pun investor," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.