Sukses

Jangan Sembarangan Beli Asuransi, Simak Dulu 3 Tips Ini!

Pilih perusahaan aruansi yang memiliki reputasi baik. Termasuk juga pelayanan agen, fasilitas dan proses klaim asuransi.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis data bahwa industri asuransi tetap tumbuh selama pandemi Covid-19. Tumbuhnya industri asuransi ini seiring semakin terbukanya informasi melalui media sosial.

Agency Program Head Allianz Life Indonesia Aditya Sumirat menjelaskan, sebelum membeli produk asuransi, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pertama adalah masyarakat harus memastikan perusahaan asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan terdaftar maka perusahaan asuransi menjalani pemeriksaan rutin oleh otoritas.

"Tips pertama perusahaan asuransi harus terdaftar dan diawasi OJK," kata Adit, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Perusahaan yang dalam pengawasan OJK akan memudahkan pengecekan kondisi perusahaan. Kondisi keuangan perusahaan juga sangat penting karena untuk mengetahui proses perputaran premi yang dibayarkan.

"Harus dipastikan juga kondisi keuangan perusahaan," kata dia.

Adit juga menyarankan masyarakat memilih perusahaan yang memiliki reputasi baik. Termasuk juga pelayanan agen, fasilitas dan proses klaim asuransi.

"Pilih juga perusahaan asuransi yang bereputasi baik, pelayanan agen berpengalaman dan proses klaim yang sulit," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agen Asuransi

 

Tips kedua yang perlu dilakukan perhatikan yakni pemilihan agen asuransi. Adit menyarankan agar masyarakat memilih agen yang memiliki lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Bahkan dia menyarankan masyarakat untuk menanyakan langsung kepemilikan lisensi dan sertifikat pendukung yang menunjukkan seorang agen profesional. Hal ini bisa menunjukkan agen bisa menjelaskan produk-produk asuransi dan manfaatnya.

"Kita bisa punya lisensi apa enggak, kalau perlu kita bisa minta ditunjukkan kartu lisensi. Pilih agen yang membuat kita nyaman dengan baik,"

 

3 dari 3 halaman

Nggak Enakan

Terakhir, dia menyarankan jangan sampai membeli produk asuransi hanya karena agen asuransi orang yang dikenal. Sebab menurutnya pemilihan asuransi sangat penting karena berhubungan dengan finansial dan kebermanfaatan asuransi.

"Jangan beli asuransi karena enggak enakan, karena agennya teman kita atau malah mertuanya," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.