Sukses

Sri Mulyani Klaim Indonesia Sukses Jinakkan Covid-19 Varian Delta

Tren penurunan kasus Covid-19 di dunia telah mengalami penurunan sejak merebaknya varian delta

Liputan6.com, Jakarta - Tren penurunan kasus Covid-19 di dunia telah mengalami penurunan sejak merebaknya varian delta. Penyebaran Covid-19 varian delta yang berasal dai India ini terjadi beberapa kali yakni pada Desember 2020, April 2021 dan puncaknya Juni 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan penurunan kasus juga diiringi dengan penurunan angka kematian. Tak hanya itu, tren tersebut juga dialami Indonesia yang berhasil mengendalikan Covid-19 varian delta.

"Dari data, Indonesia negara yang relatif sangat baik dalam penanganan Covid-19, baik dari kasus harian atau kasus mingguan. Kasus kematian juga bisa ditekan rendah dan Indonesia dalam situasi yang cukup baik," tutur Sri Mulyani dalam Seminar Sinergi Pengawasan Program PC-PEN, Jakarta, Kamis (21/10).

Meski begitu, beberapa negara seperti Turki, Inggris dan Rusia masih menghadapi tantangan dalam pengendalian varian delta. Penambahan kasus di negara-negara tersebut masih cukup tinggi. Padahal dalam beberapa waktu kedepan Inggris akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan yang membahas tentang ancaman perubahan iklim.

Situasi ini pun menjadi pelik bagi para pembuat kebijakan karena negara-negara tersebut harus mengeluarkan kebijakan yang mengutamakan keselamatan masyarakat walau bisa berdampak berat pada sisi ekonomi. Meskipun sudah ada vaksinasi dan pengobatan pasien di rumah sakit untuk mengurangi resiko meninggal dunia.

"Kenaikan kasus akan mengharuskan negara merespon untuk menyelamatkan masyarakat dan ini biasanya dari sisi ekonomi sangat berat," kata dia.

Di tingkat regional, penanganan kasus Covid-19 negara-negara ASEN dinilai relatif baik. Termasuk Vietnam yang tahun juga kewalahan dalam menghadapi varian delta. Sayangnya, Singapura yang masih harus bergelut menangani varian delta. Bahkan Sri Mulyani menyebut kasus yang terjadi di Kota Singa lebih parah bila dibandingkan dengan tahun 2020.

"Saat ini hampir semua negara-negara di ASEAN mengakami penurunan kasus kecuali Singapura yang lonjakannya masih tinggi dan lebih parah dari tahun lalu," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Berprestasi Kendalikan Covid-19

Sri Mulyani mengatakan dari berbagai perbandingan tersebut menunjukkan Indonesia berprestasi dalam mengendalikan Covid-19. Kebijakan-kebijakan tersebut berhasil dengan dukungan kerja sama berbagai pihak baik di pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga para aparat keamanan seperti TNI Polri.

"Sehingga fakta Indonesia bisa kendalikan ini prestasi dan hasil kerja keras nyata semua pihak, pemerintah pusat yang langsung dimonitor Presiden kepada Pemda, jajaran TNI Polri yang memberikan kontribusi yang luar biasa," kata dia.

Dia menambahkan, adanya penurunan kasus ini bisa menormalisasi kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat. Sehingga program PEN bisa dilakukan dan memulihkan kembali tidak hanya daya beli masya atau kesejahteraan tapi mengembalikan lagi kesempatan kerja dan mendorong investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.