Sukses

Mahasiswa Metalurgi PEP Bandung Gelar Webinar Peleburan dan Pemurnian Tembaga

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknologi Metalurgi PEP BANDUNG (HMTM PEP BANDUNG) Selenggarakan Webinar Series Bernama MEETALKS 2.0. Terbaru, judul Webinar yang dilaksanakan adalah Proses Peleburan dan Pemurnian Tembaga.

Hadir sebagai narasumber adalah Senior Manager Technical External Relation PT Smelting Bouman T. Situmorang yang juga merupakan Dosen Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung.

Bouman menjelaskan, Indonesia termasuk dalam kategori tujuh negara dengan cadangan tembaga terbesar di dunia, dengan kontribusi sekitar 3 persen dari total cadangan dunia. Selain itu, pemanfaatan tembaga cukup banyak. Sekitar 66 persen tembaga dikonsumsi tiap tahun digunakan dalam peralatan listrik.

Hal ini, yang menyebabkan Indonesia mendirikan PT Smelting sebagai fasilitas pengolahan dan pemurnian tembaga di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya PT Smelting maka Indonesia bisa memenuhi kebutuhan tembaga di dalam negeri dan luar negeri yang terus akan naik dan juga akan berdampak memabiknya pendapatan negara dengan meningkatnya penjualan tembaga di pasar nasional maupun internasional.

"Fakta menarik lainnya pt smelting sendiri merupakan perusahaan tembaga terbesar dan pertama di Indonesia, maka dari itu dari kualitas dan mutunya tidak perludiragukan lagi," jelas Bouman dalam keterangan tertulis, Minggu (1/8/2021).

Ia pun menceritakan mengenai seluk beluk tembaga mulai dari Proses Produksi Tembaga, Proses Peleburan Tembaga, Proses Peleburan Tembaga PT Smelting, Proses Pemurnian Tembaga, Nilai Tambah Tembaga, dan Industri Tembaga Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung Ciptakan SDM Berdaya Saing

Sebelumnya, Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung menggelar webinar dengan tema “Mengembangkan Karir di Sektor Energi dan Pertambangan". Acara ini diselenggarakan secara virtual daring melalui zoom webinar.

Gelaran ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Politeknik Energi Pertambangan Bandung, namun juga diikuti akademisi, praktisi dan masyarakat umum. Webinar diisi oleh dua narasumber yaitu Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Timah Tbk Muhammad Rizki dan Recruitment and Selection Head PT Pamapersada Nusantara Hendra Maraden.

 

Dalam acara ini, Muhammad Rizki menjelaskan mengenai contoh-contoh pengembangan karir pegawai dan elemen kunci yang harus dimiliki sebagai fondasi pembangunan kapabilitas dan organisasi yang unggul.

Tak kalah menarik pemaparan Hendra Maraden yang melengkapi dengan memberikan penjelasan hal-hal apa saja yang diperlukan sebagai modal yang harus dimiliki setiap orang untuk dapat bersaing di dunia kerja. 

"Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication dan diharapkan terus belajar setelah memasuki dunia kerja (working learning)," jelas Hendra dalam dikutip dari keterangan tertulis, Senin (22/3/2021).

Antusias peserta pun tak kalah menarik perhatian dalam menanyakan peluang karir khususnya di bidang pertambangan dan energi.

Rencananya kegiatan ini akan terus rutin dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wadah untuk dapat mengembangkan ilmu dan pemikirian dari para narasumber-narasumber yang tentunya ahli dibidangnya.