Sukses

6 Tips Bangun Hubungan Finansial Sehat dengan Pasangan

Jaga kesehatan finansial pasangan setelah menikah dengan tips ini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak mudah untuk hidup dengan seseorang dan berbagi hampir semua hal dengannya, terutama ketika sudah menikah dan tinggal bersama pasangan. Anda perlu menyesuaikan diri dan hidup dengan banyak hal.

Ada banyak perbedaan pendapat bahkan mungkin pertengkaran di rumah dan salah satunya karena masalah keuangan.

Apakah Anda bekerja atau tinggal di rumah orang tua, penting bahwa untuk memiliki hubungan keuangan yang sehat dengan pasangan.

Mengetahui tentang keuangan dan tentang bagaimana rumah dijalankan tidak hanya akan membantu Anda memahami kesulitannya tetapi juga akan membantu untuk melanjutkan ketika salah satu pasangan tiada.

Hubungan keuangan yang sehat akan memberi Anda dan pasangan banyak rasa hormat. Melansir dari laman magforwoman, Jumat (3/9/2021), berikut beberapa tips tentang bagaimana memiliki hubungan keuangan yang sehat antara suami dan istri.

1. Mengetahui

Banyak perempuan yang tidak tahu berapa banyak yang dikeluarkan untuk rumah tangga dan berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk membayar tagihan dan membiayai pendidikan anak. Jangan membiarkan suami mengurus semuanya dan menambah beban kerja dan tekanan.

Sebagai istri, Anda harus mencari tahu tentang semuanya itu. Tanyalah kepada sumai tentang pengeluaran dan tabungan bahkan ketika Ia memilih untuk menjaga keuangannya sendiri.

Dengan mengetahui maka tidak akan pernah menyakitkan.

2. Bertanya

Jangan segan-segan meminta uang kepada suami. Juga jangan menumbuhkan kebiasaan memberi uang kepada anak-anak di belakang suami Anda.

Jangan meminjam dari orang lain jika tidak nyaman meminta uang kepada suami. Ini akan memberi banyak kesedihan di kemudian hari dan Anda tidak akan pernah memiliki hubungan keuangan yang salah dengannya.

3. Berkontribusi

Cobalah untuk berkontribusi sebanyak mungkin untuk pengeluaran rumah tangga dan jangan membebani pasangan karena Ia diharapkan untuk mengurus rumah.

Anda tidak hanya akan mengurangi bebannya, tetapi juga merasa setara dengannya ketika berkontribusi terhadap pengeluaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Jangan Sembunyi

Terkadang Anda mungkin ingin membeli sesuatu yang menurut pasangan justru membuang-buang uang. Jika melakukannya, maka jangan sembunyikan pembelian Anda dari pasangan.

Tidaklah sehat menyembunyikan kebiasaan belanja dari pasangan.

5. Saling Berbagi

Bagikan kesengsaraan atau masalah keuangan dengannya dan biarkan Ia membantu. Cari tahu juga apakah Ia membutuhkan bantuan dalam mengelola keuangan.

Bagikan apa saja yang ingin dibagikan mengenai keuangan rumah tangga. Akan ada lebih banyak kepercayaan dan rasa hormat di antara Anda berdua dengan cara ini.

6. Simpan

Simpan sebanyak yang Anda dan pasangan bisa. Tabungan ini akan memberi dukungan dan cadangan keuangan saat membutuhkan uang tunai secara tiba-tiba.

Hubungan keuangan yang sehat antara pasangan suami istri sangat diperlukan untuk pernikahan yang stabil dan bahagia.

Keuangan juga memainkan peran yang cukup penting dalam suatu hubungan dan menjaganya dengan baik adalah hal yang wajib dilakukan untuk memiliki pernikahan yang sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini