Sukses

Ingat, Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Ditutup Hari Ini 26 Juli 2021

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat yang ingin melamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) seperti Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) harus segera melakukan pendaftaran. 

Pasalnya, masa pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK akan berakhir pada hari ini 26 Juli 2021. Sebelumnya, pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK telah diperpanjang dari sebelumnya berakhir pada 21 Juli 2021 menjadi 26 Juli 2021.

"Pendaftaran melalui portal https://sscasn.bkn.go.id/ yang awalnya akan ditutup pada tanggal 21 Juli 2021, diperpanjang sampai dengan 26 Juli 2021," kutip dari keterangan resmi BKN, pekan lalu.

Sebagai informasi, hingga Minggu 25 Juli 2021 siang, pelamar CPNS 2021 dan PPPK yang sudah mengisi formulir mencapai 3,96 juta orang.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) merincikan, jumlah  pendaftar seleksi CPNS 2021 hingga 25 Juli 2021 tersebut naik 77.568 pelamar jika dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang sebanyak 3,88 juta orang.

Dari jumlah tersebut yang sudah submit juga naik menjadi 3,09 juta peamar dari posisi kemarin yang hanya 2,97 juta pelamar CPNS 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teliti Daftar CPNS 2021, Data dan Formasi CASN yang Diisi Tak Bisa Diganti

Badan Kepegawaian Negara membuka sesi tanya jawab terakhir melalui media sosial terkait pendaftaran CASN atau CPNS 2021. Salah satu yang mencuat terkait pilihan reset formasi terkait kesalahan yang dilakukan pendaftar.

Tim Pengaduan SSCASN mengatakan tidak ada pilihan untuk reset untuk formasi yang telah di-input oleh pendaftar CPNS 2021. Terkait kesalahan yang dilakukan oleh pendaftar, Ia meminta pendafar untuk lebih teliti dalam pengisian dan fokus terhadap tahapan lanjutan setelah sesi pendaftaran.

“Tidak ada menu untuk reset untuk yang sudah selesai [pada tahap] resume. Jadi teman-teman dipersiapkan saja untuk ujian,” katanya dalam sesi Tanya Jawab CPNS di live Instagram @bkngoidofficial, Senin (19/7/2021).

Guna memperbaiki kesalahan, Tim Pengaduan menyarankan pendaftar CPNS 2021 untuk melakukannya pada masa sanggah.

“Nanti juga akan ada masa sanggah, apabila nanti ada tambahan yang perlu dilengkapi yang diminta oleh perusahaan bisa dilakukan saat masa sanggah tersebut,” terangnya.

Informasi, Masa Sanggah dalam rangkaian Seleksi CASN berlangsung pada 4-6 Agustus 2021 mendatang, setelah pengumuman hasilseleksi administrasi.

Dengan demikian, pendaftar CPNS 2021 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi bisa merubah dokumen yang salah atau melengkapi persyaratan tambahan yang diminta oleh instansi terkait. 

3 dari 4 halaman

Lokasi Tes

Sementara itu, menjawab pertanyaan terkait lokasi tes, Tim Pengaduan mengatakan lokasi tes akan disesuaikan dan diumumkan setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Kendati beberapa kategori seperti CASN telah bisa memilih lokasi tes, untuk kategori pendaftar PPPK tidak mampu untuk memilih lokasi tes sejak masa pendaftaran.

Meski begitu, Tim Pengaduan memastikan, sekalipun pendaftar telah bisa memilih lokasi tes, fiksasi tempat pendaftar melaksanakan tes akan menuggu informasi resmi dari BKN dan instansi terkait.

“Itu diperhatikan dulu aja. Meski temen-teman sudah bisa milih tempat tesnya, tetap dipastikan nanti pas pengumuman,” katanya.

Hal ini berlaku juga untuk pendaftar CASN yang berada di luar negeri. Sebelumnya, tes dilakukan di KBRI yang ada di negara domisili pendaftar.

“Terkait kondisi saat ini yang masih berlangsung pandemi covid-19, BKN akan meninjau sesuai dengan data yang masuk, jadi teman-teman harap menunggu pengumuman resminya,” tutupnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Syarat Pendaftaran CPNS 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.