Sukses

Penerima Kartu Prakerja Gelombang 17 Diumumkan, Buruan Cek

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sudah mulai mengumumkan hasil seleksi program Kartu Prakerja Gelombang 17.

Liputan6.com, Jakarta Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sudah mulai mengumumkan hasil seleksi program Kartu Prakerja Gelombang 17.

Mengutip laman Instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.id, Jumat (11/6/2021), pengumuman hasil seleksi ini sudah dilakukan melalui pesan singkat ke masing-masing penerima.

"Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 17!" tulis akun @prakerja.go.id.

Setelah dinyatakan diterima, peserta dapat langsung melakukan pelatihan dengan membeli pelatihannya terlebih dahulu. Pertama, cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia, lalu pelatihan yang diminati, baik di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia.

Para peserta harus menonton video tentang Kartu Prakerja yang ada di dashboard sebelum membeli pelatihan pertama. Setelah memilih pelatihan yang diinginkan, beli lah pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

"Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut," ujar Manajemen Kartu Prakerja.

Manajemen Kartu Prakerja juga mengingatkan, bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik.

"Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala, ya," demikian dikutip.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Lagi Pendaftaran Kartu Prakerja hingga Akhir Juni 2021

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja memastikan tak akan lagi membuka program perekrutan hingga akhir Juni 2021 pasca pendaftaran gelombang 17 berakhir pada Senin (7/6/2021) pukul 23.59 WIB.

"Gelombang 17 adalah gelombang terakhir untuk semester 1/2021," jelas Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Senin (7/6/2021).

Louisa menyampaikan, waktu pendaftaran pada gelombang 17 ini tergolong lebih singkat dibanding tahap-tahap sebelumnya sejak dibuka Sabtu (5/6/2021). Ini lantaran kuota yang tersedia juga tak banyak.

"Durasi pembukaan gelombang 17 memang tidak lama karena kuota yang tersedia hanya 44 ribu," kata Louisa.

Adapun pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 diadakan di luar jadwal untuk menyerap kepesertaan dari gelombang 12-16 yang dicabut lantaran tidak membeli program pelatihan dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

 

3 dari 3 halaman

Kapan Ada Lagi?

Oleh karenanya, Louisa menyatakan jika gelombang 17 jadi tahap akhir dalam perekrutan program Kartu Prakerja di semester I 2021. Sebab target penerima pelatihan dan bantuan telah mencapai target.

"Dengan penutupan gelombang 17 maka target penyerapan 2,7 juta penerima Kartu Prakerja di Semester 1 tahun 2021 dengan dana Rp 10 triliun telah terpenuhi," tutur Louisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.