Sukses

Jokowi Tinjau Bandara Soedirman Purbalingga: Bagus, Meski Terminalnya Masih Darurat

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah pada Jumat (11/6/2021). Kunjungan ini didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Bandara Soedirman telah beroperasi sejak 1 Juni 2021 dan melakukan penerbangan komersil perdananya pada 3 Juni 2021 lalu. Jokowi mengaku senang melihat progres pembangunan bandara ini meskipun ada fasilitas yang masih dibangun.

"Bandara Jenderal Soedirman telah selesai dibangun sepanjang 1600 meter dan lebar 30 meter, meskipun terminalnya belum selesai," ujarnya saat memberikan keterangan pers.

Meski terminalnya masih darurat, namun bandara ini sudah beroperasi sejak pekan lalu, dengan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga dan Purbalingga ke Surabaya dengan maskapai Citilink.

Dengan adanya bandara Soedirman ini, lanjut Jokowi, pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan diproyeksi akan tumbuh, tidak hanya dari sisi mobilitas masyarakat namun dari pengiriman barang atau logistik.

"Tidak hanya di Purbalingga tapi di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo dan daerah sekitarnya termasuk Kebumen," kata Jokowi.

Menurutnya, walaupun masih ada fasilitas yang belum rampung, operasional saat ini jauh lebih produktif ketimbang menunggu bandara benar-benar jadi.

"Ini bagus, saya senang, meskipun terminalnya masih darurat, belum selesai, tapi airportnya sudah dipakai. Saya kira ini akan lebih produktif daripada kita menunggu dan saya kira cara-cara cepat seperti ini yang akan kita lakukan terhadap airport lain," katanya.

 

2 dari 3 halaman

15 Tahun Menunggu, Bandara JB Soedirman Purbalingga Akhirnya Beroperasi

Sebelumnya, setelah 15 tahun menanti, Kabupaten Purbalingga akhirnya memiliki bandara komersial. Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) yang berangkat dari pangkalan udara TNI AU akan diresmikan Kamis (3/6/2021).

Meskipun belum diresmikan, namun Bandara JB Soedirman telah beroperasi sejak Selasa (1/6/2021). Hal ini setelah PT Angkasa Pura II selaku operator menggelar penerbangan simulasi.

Pada proving flight atau penerbangan simulasi tahap akhir ini, pesawat baling-baling jenis turboprop (ATR 72) milik maskapai penerbangan Citilink terbang dari Bandara Juanda Surabaya pada Selasa (1/6/2021) pukul 09.30 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan IG 1856 mendarat mulus di Bandara JB Soedirman, Purbalingga tepat pukul 11.05.

Dari seluruh parameter yang diukur dan dilaksanakan tim operasi Bandara, maskapai dan stakeholder sejak 25 Mei 2021 menunjukkan semua standar pengoperasian bandara JBS terealisasi dengan baik.

“Mulai hari ini 1 Juni 2021, secara resmi Bandara Jenderal Besar Soedirman berstatus “In Active Operation” sehingga semua yang akan memasuki bandara diperlakukan SOP oleh operator bandara,” kata Muhamad Awaludin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Persero usai turun dari pesawat.

Setelah semua persyaratan terpenuhi, penerbangan komersial perdana akan dimulai pada 3 Juni 2021. Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama yang membuka rute penerbangan dari dan ke Purbalingga.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: