Sukses

Tips Agar Terhindar dari Modus Penipuan Ngaku orang yang Kamu Kenal

Liputan6.com, Jakarta Modus penipuan makin merajalela di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Jika kamu masih ingat modus mama minta pulsa yang sempat menyerang masyarakat Indonesia beberapa tahun lalu, kini muncul aksi penipuan yang serupa. 

Modus penipuannya adalah mengaku-ngaku bahwa dia adalah orang yang kamu kenal. Pasti kamu pernah dengar dong kasus seperti ini? 

Biasanya di kasus ini, para penipu berupaya mencari celah agar kamu percaya kepadanya, lalu meminta ditransferkan sejumlah uang. 

Oh ya, cara meyakinkan korbannya, pelaku biasanya menggunakan foto profil kenalanmu. Semua informasi tentang dirimu bisa terdeteksi karena ada jejak digital yang nggak pernah terhapus. 

Oleh karena itu, agar terhindar dari modus penipuan seperti ini, kamu bisa 'menjebaknya' dengan memberikan pertanyaan yang bersifat personal. Selain itu, jangan pernah mengirimkan data pribadi kepada orang lain dan berhati-hati dalam melakukan transfer. 

Jaga data-data pribadimu terutama data yang berhubungan dengan perbankan. Jangan pernah memberitahukan data seperti PIN, password, nomor kartu, CVC/CVV dan OTP kepada orang lain karena #DatamuRahasiamu.

Jangan lupa, selalu berhati-hati dan teliti saat melakukan transfer, pastikan saat transfer rekening tersebut memang rekening atas nama kenalan kamu, bukan rekening orang lain. Yuk, jadi generasi Anti Modus biar nggak gampang kena tipu. Cek modus penipuan lainnya di sini

 

(*)