Sukses

Mendag: Konsumsi Produk Dalam Negeri Bantu Pertumbuhan Ekonomi

Konsumsi rumah tangga Indonesia pada kuartal II 2020 turun hingga 5,51 persen akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, mengatakan bahwa peningkatan konsumsi atau belanja produk buatan dalam negeri merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi Indonesia. Ini akan membantu perekonomian Indonesia, mengingat konsumsi rumah tangga Indonesia pada kuartal II 2020 turun hingga 5,51 persen akibat pandemi Covid-19.

"Hal ini dapat memberikan efek domino bagi penguatan pasar dalam negeri dan meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat," kata Lutfi pada Selasa (20/4/2021).

Pemerintah juga telah menerbitkan berbagai regulasi untuk membuat ekonomi nasional kembali bergerak ke arah positif.

Beberapa diantaranya bertujuan mendorong konsumsi, seperti insentif pajak PPnBM mobil 0 persen dan pembebasan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk penjualan rumah baru sejak Maret hingga Agustus 2021.

"Indonesia adalah bangsa yang besar. Jadilah konsumen di negeri sendiri, konsumen cerdas pulihkan ekonomi bangsa," tuturnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumen Cerdas

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, juga menekankan agar masyarakat menjadi konsumen yang cerdas untuk memperhatikan kualitas produk-produk yang dibeli. Termasuk harus memiliki Standar Nasional Indonesia.

"Jadilah konsumen cerdas, teliti sebelum membeli, perhatikan kualitas dan standar SNI, serta selalu pakai buatan dalam negeri," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.