Sukses

Tak Sekedar Unggulan, Inilah 10 Kampus Pencetak Miliarder Terbanyak di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Forbes merilis laporan yang menyebutkan terdapat 2.755 orang dalam daftar miliarder atau orang terkaya dunia 2021.  Para orang terkaya ini memiliki kekayaan lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,6 trilun.
 
Ribuan miliarder dunia tersebut berasal dari beragam latar belakang pekerjaan. Mulai dari bos di perusahaan teknologi, pemilik pabrik farmasi yang menyuplai vaksin Covid-19, perbankan hingga produsen air minun kemasan.
 
Bukan hanya itu, mereka juga lahir dari beragam latar belakang pendidikan. Mulai dari Universitas Al-Azhar di Mesir, hingga Universitas Teknologi Zhejiang di Cina. Beberapa bahkan berhasil meraih kesuksesannya sekalipun gagal menyelesaikan kuliahnya. 
 
 
Dua dari orang terkaya dunia, Bill Gates dan Mark Zuckerberg memutuskan berhenti berkuliah dan mulai membangun perusahaan.
 
Kini Bill Gates dengan Microsoft, serta Zuckerberg dengan Facebook telah tampil sebagai raksasa teknologi yang lahir dari tangan orang-orang yang tidak lulus kuliah sekalipun. 
 
Meski begitu, sebagian besar dari para miliarder berhasil menyelesaikan studinya. Beberapa dari mereka bahkan jebolan universitas terbaik dunia, yang mayoritas merupakan pendidilan tinggi di Amerika Serikat.
 
Dikutip dari Forbes, Kamis (16/4/2021) berikut 10 kampus yang memiliki alumni miliarder terbanyak di dunia.
 
1. Harvard University
 
Salah satu universitas terbaik dunia ini menghasilkan 29 miliarder, yang jika ditotalkan nilai kekayaan gabungan mereka mencapai USD 207 miliar atau lebih dari Rp 3 triliun.
 
Sebagian besar dari para miliarder lulusan Harvard tersebut bekerja di sektor keuangan dan investasi. Ada 17 miliarder di industri ini, tiga di antara mereka yang terbaru ialah miliarder kembar penambang Bitcoin, Cameron dan Tyler Winklevoss, dan mantan CEO Goldman Sachs, Lloyd Blankfein.
 
2. University of Pennsylvania  
 
Kampus yang juga termasuk geng Ivy League ini memiliki total 28 alumni yang menjadi miliarder dengan kekayaan kumulatifnya mencapai USD 284,8 miliar atau lebih dari Rp 4.150 triliun. Sebagian besar dari mereka merupakan lulusan sekolah bisnis Wharton School.
 
Menariknya dua miliarder paling sering dilanda kontroversi, Elon Musk dan Donald Trump juga alumni dari kampus ini.
 
Musk sebagai orang terkaya kedua di dunia sepertinya menyumbang lebih dari setengah kekayaan kumulatif para miliarder alumni University of Pennsylvania.
2 dari 5 halaman

3. Stanford University

 
Stanford University mempunyai jumlah miliarder yang sama banyaknya dengan University of Pennsylvania.
 
Ada 28 alumni Stanford yang menjadi miliarder, dengan nilai kekayaan kumulatif mencapai USD 124,4 miliar atau lebih dari Rp 1.800 triliun.
 
Alumni Stanford yang terkenal banyak bekerja di Silicon Valley, pusat industri teknologi terbesar dunia. Tahun ini, Stanford menjadi kampus dengan penambahan miliarder baru terbanyak, yaitu 8 orang.
 
Dan semua miliarder baru tersebut merupakan pendiri dari startup paling sukses, mulai dari bank digital Nubank sampai layanan pesan antar makanan DoorDash.
 
4. Yale University
 
Yale University menghasilkan 21 miliarder di dunia, yang total kekayaan mereka secara kumulatif mencapain USD 140,8 miliar atau sekitar Rp 2.055 triliun. Dua keluarga terkaya di Amerika, keluarga Mars dan keluarga Bass juga lulusan dari kampus ini.
 
Selain kedua keluarga itu, beberapa alumninya ialah salah satu pendiri Alibaba Group, Joe Tsay. Ada juga nama CEO dari salah satu perusahaan investasi terbesar di AS, Blackstone, Stephen Schwarzman. Termasuk Paul Sciarra, salah satu pendiri media sosial Pinterest.
 
5. Mumbai University
 
Mumbai University jadi satu-satunya kampus di luar AS yang masuk dalam daftar ini. Ada 20 alumni kampus yang terletak di Mumbai, India ini yang menjadi miliarder. Total kekayaan mereka menyentuh USD 162,8 miliar atau lebih dari Rp 2.350 triliun.
 
Salah satu dari mereka adalah Mukesh Ambani, orang paling kaya di Asia, termasuk peringkat 10 besar di dunia. Selain itu, ada juga nama Uday Kotak, yang menjadi miliarder berkat bisnisnya di bidang keuangan. Uday merupakan pemilik dari Kotak Mahindra Bank, salah satu dari empat bank swasta terbesar India
3 dari 5 halaman

6. Cornell University

Cornell memiliki 18 alumni yang menjadi miliarder, dengan total kekayaan kumulatifnya mencapai USD 65,1 atau sekitar Rp 950 triliun. Secara demografi, para miliarder alumni Cornell ini tersebar di berbagai sektor industri.
 
Salah satu alumninya di sektor keuangan ialah mantan pemimpin Citigroup, Sandy Weill. Ada juga Robert F. Smith, yang merupakan pendiri dari perusahaan teknologi dan investasi Vista Equity Partners.
 
7. University of Southern California
 
Kampus yang terletak di pusat industri hiburan Hollywood, Los Angeles ini mengoleksi 15 miliarder dengan total kekayaan USD 58,5 miliar atau sekitar Rp 854 triliun. 
 
Di antara para alumninya yang terkenal ialah sineas George Lucas yang membuat Star Wars. Dan seorang sutradara asal Brazil, Walter Salles, yang juga mewarisi sebuah perusahaan perbankan tertua di negaranya. 
4 dari 5 halaman

8. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT mengoleksi 14 miliarder dunia yang secara kumulatif kekayaannya mencapai USD 104 miliar atau lebih dari Rp 1.500 triliun.
 
Salah satu yang paling terkenal adalah penerus keluarga Koch, pemilik dari Koch Industries, salah sati perusahaan manufaktur dan energi terbesar di AS.
 
Alumninya yang juga jadi miliarder ialah matematikawan Jim Simons, yang mendapatkan kekayaan dari mendirikan perusahaan hedge fund Renaissance Technologies. Termasuk ahli cryptocurrency, Sam Bankman-fried yang mendirikan Alameda Researh dan FTX.
 
9. Princeton University
 
Sekalipun dari segi volume lebih sedikit, tapi dari segi kumulatif kekayaan miliarder alumni Princeton adalah tertinggi, bahkan dari Harvard sekalipun.
 
Dari 11 alumninya yang menjadi miliarder, total kekayaan gabungan mereka mencapai USD 288,4 miliar atau lebih dari Rp 4.200 triliun.
 
Jumlah fantastis ini disumbangkan oleh orang terkaya dunia yang juga pendiri Amazon, Jeff Bezos yang merupakan lulusan dari kampus ini. Begitupun mantan istrinya, MacKenzie Scott yang lulus dari Princeton. Kekayaan keduanya menyumbang 80 persen dari nilai tersebut.
 
10. University of California, Berkley
 
UC Berkley mengoleksi 11 miliarder dengan total kekayaan USD 82,6 atau lebih dari Rp 1.200 triliun. Seperti Stanford, beberapa dari mereka merupakan pendiri dari sejumlah perusahaan teknologi terkenal.
 
Salah satu yang terkenal adalah co-founder Intel, Gordon Moore. Ada juga bankir sekaligus investor Masayoshi Son yang banyak menyuntikkan dana ke sejumlah startup.
 
Serta profesor Biologi di Harvard, Timothy Springer yang kekayaannya bertambah berkat sahamnya di perusahaan farmasi pemasok vaksin Covid-19, Moderna. 
 
Reporter: Abdul Azis Said
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Ini