Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 16 Siap Dibuka, Kuota Hanya 300 Ribu

Sejak gelombang 12 hingga 15 pada 2021, tercatat jumlah penerima Kartu Prakerja sudah mencapai 2,4 juta.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16. Adapun kuota pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 16 ini sebanyak 300 ribu.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan  sejak gelombang 12 hingga 15 pada 2021, tercatat jumlah penerima Kartu Prakerja sudah mencapai 2,4 juta.

"Kuartal I ini sudah ada gelombang 12 ke 15 itu 4 dikalikan 600 ribu orang. Berarti masih ada sisa kuota, itu yang akan kami gelar sebagai gelombang 16," tutur dia saat dihubungi Liputan6.com pada Selasa (23/3/2021).

Namun, Louisa masih belum merinci tanggal pembukaan pendaftaran untuk gelombang 16. "Nanti kami akan sampaikan (pembukaan pendaftaran gelombang 16)," jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah menargetkan penerima Kartu Prakerja 2021 pada kuartal I 2021 akan menjangkau 2,7 juta orang.

Setiap gelombang pendaftaran Kartu Prakerja memiliki kuota 600 ribu dari gelombang 12 hingga 15, sedangkan sisanya sebanyak 300 ribu dialokasikan untuk gelombang 16.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Tahapan Program Kartu Prakerja

Mengutip keterangan di laman www.prakerja.go.id, Senin (22/3/2021), program Kartu Prakerja memiliki 7 tahapan.

Pertama, masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri. Tahapan kedua, calon peserta mengikuti proses seleksi.

Pada tahapan ini, peserta harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran dan menunggu pengumuman hasilnya.

Setelah itu, peserta sampai ke tahapan pilih pelatihan. Dalam hal ini, peserta memilih pelatihan di mitra platform digital resmi, dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Mitra platform digital Kartu Prakerja yang tercantum di situs resminya adalah Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Bukalapak, Pintaria, Pijar, Mau Belajar Apa, dan Sekolah.mu.

Selanjutnya, peserta mengikuti pelatihan. Dalam tahap keempat ini, peserta harus menyelesaikan pelatihan online dan mendapatkan sertifikat elektronik.

"Tahapan kelima adalah memberi ulasan dan rating. Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan kamu," demikian keterangan di laman prakerja.go.id.

Tahapan keenam yaitu mengenai insentif pasca pelatihan. Peserta lolos akan segera dikucurkan dana sebesar Rp 1 juta untuk mengikuti pelatihan dalam program tersebut.

Selain itu, peserta lolos Kartu Prakerja gelombang 15 juga akan menerima dana insentif pasca-pelatihan Rp 2.400.000, yang akan diberikan sebesar Rp 600 ribu selama 4 bulan. 

Tahapan terakhir yaitu insentif pasca survei kebekerjaan. Peserta mengisi survei yang diberikan pasca pelatihan untuk bisa mendapatkan insentif Rp 50 ribu untuk setiap survei yang totalnya sebanyak 3 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.