Sukses

Siap-Siap, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 16 Segera Dibuka

Liputan6.com, Jakarta Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16. Sebelumnya, pendaftaran untuk gelombang 15 sudah ditutup pada Minggu, 23 Maret 2021.

Sayangnya, Louisa enggan merinci soal tanggal pembukaan pendaftaran untuk gelombang 16. "Nanti kami akan sampaikan (pembukaan pendaftaran gelombang 16)," kata Louisa saat dihubungi Liputan6.com pada Selasa (23/3/2021).

Kuota pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 16 ini sebanyak 300 ribu. Sejak gelombang 12 hingga 15 pada 2021, tercatat jumlah penerima Kartu Prakerja sudah mencapai 2,4 juta.

"Kuartal I ini sudah ada gelombang 12 ke 15 itu 4 dikalikan 600 ribu orang. Berarti masih ada sisa kuota, itu yang akan kami gelar sebagai gelombang 16," tutur Louisa.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan pemerintah menargetkan penerima Kartu Prakerja 2021 pada kuartal I 2021 akan menjangkau 2,7 juta orang.

Setiap gelombang pendaftaran Kartu Prakerja memiliki kuota 600 ribu dari gelombang 12 hingga 15, sedangkan sisanya sebanyak 300 ribu dialokasikan untuk gelombang 16.

2 dari 3 halaman

Kartu Prakerja Gelombang 15 Resmi Ditutup, Selanjutnya Apa?

Pendaftaran peserta Program Kartu Prakerja gelombang 15 resmi ditutup pada Minggu, 21 Maret 2021. Usai penutupan ini, tahapan selanjutnya apa yang harus dilakukan para pendaftar?

Manajemen Program Kartu Prakerja melalui akun resmi instagramnya @prakerja.go.id, meminta pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 15 segera klik tombol “Gabung” yang ada di dashboard.

Kemudian terus memantau pengumuman melalui nomor ponsel yang dimilikinya. "Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP," menurut penjelasan manajemen.

Sejatinya, terdapat dua cara mengecek kelolosan Prakerja, yaitu melalui SMS atau memantau lewat dashboard di www.prakerja.go.id.

1. SMS

Proses pengumuman peserta lolos kartu prakerja pertama adalah lewat pesan singkat. Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Sebab itu, peserta diminta memasukkan nomor telepon aktif saat mendaftar pembuatan akun. Oleh karena itu, pastikan nomor telepon yang dimasukkan saat mendaftarkan akun telah benar dan masih aktif.

2. Lewat www.prakerja.go.id

Peserta yang ingin mengetahui lolos atau tidak, bisa login ke akun di www.prakerja.go.id, kemudian cek dashboard. Melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun.

Jika lolos, akan muncul keterangan berikut. "Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7x24 jam Hubungi CS".

Akan tetapi, jika tidak lolos, akan ada keterangan "Kamu Belum Berhasil" di dashboard akun.

Patut diingat jika peserta yang tidak lolos masih berkesempatan mendaftar ke gelombang Prakerja selanjutnya. Dengan tidak lagi memasukkan semua data, seperti saat pertama kali membuat akun Prakerja.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Bawah Ini: