Sukses

Rapper Jay-Z Kian Kaya Raya Usai Jual Saham Platform Streaming, Segini Hartanya

 
Liputan6.com, Jakarta Usai menjual sahamnya di platfom streaming musik Tidal serta setengah saham merek sampanyenya Armand de Brignac, kekayaan Rapper Jay-Z langsung bertambah 40 persen.
 
Dikutip dari Forbes, Sabtu (6/3/2021), nilai kekayaan Jay-Z naik dari USD 1 miliar sebelum transaksi, kini sudah bertambah USD 1,4 miliar atau hampir Rp 20 triliun.
 
Baru-baru ini Jay-Z menjual mayoritas sahamnya di platform streaming musiknya, Tidal kepada perusahaan pembayaran Square Inc. dengan harga USD 297 juta setara Rp 4,2 triliun. Perusahaan ini milik miliarder Jack Dorsey, CEO Twitter.
 
Pengumuman penjualan saham ini kurang dari dua minggu pasca Jay-Z mengumumkan menjual sebagian saham di perusahaan sampanyenya, Armand de Brignac kepada produsen pakaian mahal, LVMH senilai USD 320 juta setara Rp 4,5 triliun.
 
Sekalipun telah menjual sebagian aset bisnisnya, suami Beyonce ini masih punya sederet bisnis lainnya. Ia masih memiliki 50 persen saham di Armand de Brignac yang nilainya sekitar Rp 4,5 triliun.
 
Bukan hanya sampanye, Jay-Z juga punya merek minuman mahal lainnya yaitu D'Usse yang menjual jenis minuman konyak.
 
Diperkirakan kekayaan Jay-Z dari hasil jualan Konyak ini sekitar USD 120 juta atau Rp 1,7 triliun. Ia juga memiliki start-up asuransi, Ethos serta perusahaan produsen salad, Sweetgreen. 
 
Setumpuk kekayannya ini sudah dikumpulkan sejak beberapa tahun lalu. Ia memulai dengan menginvestasikan USD 760 juta setara Rp 10,8 triliun penghasilannya sebagai penyanyi untuk berinvestasi di sejumlah startup.
 
Ia diketahui memiliki saham di sejumlah raksasa startup mulai dari Square, Uber hingga SpaceX milik Elon Musk.
 
 
 
2 dari 3 halaman

Bisnis Lainnya

Pada Juli tahun lalu, ia diketahui berinvestasi di perusahaan produsen outmilk, Outly dengn nilai yang masih dirahasiakan. Dan kabarnya perusahaan itu berencana IPO tahun ini dan mengumpulkan pendanaan USD 10 miliar setara Rp 142 triliun.
 
Sebagai pebisnis yang lebih dulu besar di dunia hiburan, Jay-Z juga mendirikan agensi artis yang menaungi sejumlah bintang top. Mulai dari penyanyi Rihanna dan Alicia Keys hingga atlet Kyrie Irving. Serta menginisasi sejumlah pertunjukan seperti Super Bowl Halftime Show dan Made in America.
 
Agensi artis tersebut diberi nama Roc Nation, perusahaan patungan yang Jay-Z dirikan bersama Live Nation sejak 12 tahun silam. Perusahaan ini diperkirakan menyumbang sekitar USD 140 juta setara Rp 1,9 triliun untuk kekayaannya. 
 
Sumber penghasilan lainnya juga datang dari katalog musiknya yang berisi lebih dari 300 lagu dan menyumbang USD 95 juta setara Rp 1,3 triliun untuk kekayaannya. Jay-Z juga memiliki koleksi seni seharga USD 70 juta atau hampir Rp 1 triliun.
 
Bersama sang istri, pelantun 'Empire State of Mind' ini juga memiliki sejumlah aset berupa real estate mewah berupa beberapa rumah, mansion mewah juga penthouse yang total nilainya mencapai USD 50 juta setara lebih dari Rp 700 miliar.
 
Reporter: Abdul Azis Said
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini