Sukses

PPSDM Migas Luncurkan Pelatihan Distance Learning Kemigasan

Liputan6.com, Jakarta - Kepedulian Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) di tahun 2021 ini diwujudkan dengan memberikan berbagai macam pelatihan di sektor minyak dan gas secara distance learning dengan harapan meningkatnya kualitas SDM yang unggul, handal dan kompeten di bidangnya.

Koordinator Program dan Evaluasi PPSDM Migas Waskito Tunggul Nusanto menjelaskan, ada 20 program unggulan yang diluncurkan pada tahun 2021 ini. Dengan berbagai macam variasi judul pelatihan, diharapakan menjangkau lebih banyak lagi peserta.

“Salah satu pelatihan yang akan dilakukan adalah pelatihan SCM (Supply Chain Management) pada tanggal 15 – 16 Februari yang bertujuan agar peserta pelatihan dapat memahami hakekat dan konsep dasar SCM, bagaimana hubungan SCM dengan strategi bisnis sebuah peruasahaan. Kemudian juga membahas mengenai pengaplikasian prinsip SCM dalam perusahaan yang berkecimpung dalam real business dan best practices nya.” jelas Tunggul, dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/2/2021). 

Pelatihan ini dilakukan secara distance learning mengingat pandemi Covid belum juga berakhir, sehingga dengan sistem online lebih memudakan peserta untuk mengikutinya.

Lebih jauh, Tunggul menambahkan bahwa 20 program publik tersebut adalah Manajemen Proyek, Supply Chain Management, Gas Management, PSC Budgeting, Process Safety Management, Penanganan, Quality Control, Penyimpanan Migas, Pelatihan Tingkat Komponen Dalam Negeri, Basic Petroleum Measurement dan metode API MPMS dan ASTM.

Selain itu juga HSE Management, Welding Inspection, Pengawasan Penyediaan dan Pendistribusian BBM, Production Operation, Basic Fire Fighting, Pemeliharaan Fasilitas Produksi Migas, Plant of Development (POD), Sistem Manajemen Lingkungan, Pelatihan Aspek Hukum Kegiatan Hulu Migas, Abandon and Site Restoration, Eksplorasi Migas, dan Electrical Installations in Hazardous Areas.

Nantinya peserta pelatihan ini akan mendapatkan materi pelatihan yang komprehensif dengan sistem pembelajaran blended learning dan mendapatkan sertifikat.