Sukses

10 Hadiah Termahal Sepanjang Masa, Taj Mahal Salah Satunya

Liputan6.com, Jakarta Musim perayaan natal dan tahun baru sudah dekat, dimana banyak orang mulai sibuk untuk bungkus membungkus kado atau hadiah yang akan diberikan kepada orang-orang yang disayanginya.

Meski tidak secara langsung berkaitan dengan satu perayaan, terdapat beberapa hadiah terbaik dan termahal yang pernah diberikan. Hadiah dimaksud tidak selalu berbentuk barang.

Berikut ini adalah 10 hadiah termahal sepanjang masa, dimulai dari permata raksasa, mahakarya seni hingga kapal pesiar, seperti melansir Forbes, Senin (14/12/2020).

 1. Permata di Mahkota

Maharaja terakhir dari Kekaisaran Sikh, Duleep Singh, pernah menghadiahkan sebuah berlian Koh-i-noor 186 karat kepada Ratu Victoria di tahun 1849.

Tetapi mengingat permata raksasa itu agak kusam, permaisuri Pangeran Albert ini, memotongnya menjadi 105,6 karat. Ini membuat berlian itu jauh lebih cemerlang dari sebelumnya.

Sekarang ini pun, permata ini berada di Queen Mother’s crown (mahkota ratu Elizabeth) dan terus menjadi sorotan dari Permata Mahkota Inggris.

Setelah berlian ini ditemukan, sampai sekarang harganya pun tidak ternilai. (Sebagai perbandingan, Hope Diamond 45,42 karat, di estimasi bisa bernilai lebih dari USD 250 juta).

2. Kebebasan itu Tidak Gratis

Setelah mengalami krisis keuangan selama 7 tahun, di tahun 1770-an Prancis mendanai Perang Kemerdekaan Amerika sebesar kira-kira USD 20 miliar dalam hitungan uang hari ini.

Hadiah donasi tersebut pun memberikan rakyat Amerika kebebasan dari dominasi Inggris, walaupun hadiah tersebut bisa dikatakan merugikan Raja Louis XVI.

 

 

2 dari 5 halaman

3. Daya Tarik Sebuah Mutiara

Pada tahun 1917, seorang bankir dari kota New York, Morton Plank, menukar rumahnya yang berlantai enam di fifth Avenue dengan kalung mutiara senilai USD 1 juta (setara dengan USD 10 juta untuk kurs dolar hari ini) bagi istri mudanya.

Sayang, beberapa tahun kemudian harga perhiasan itu anjlok. Kalung mutiara itu akhirnya dijual hanya seharga USD 150.000, setelah kematian Nyonya Plank di tahun 1956.

Sekarang bekas rumah dari Plank sendiri bernilai ratusan juta Dolar AS. Ini disebut merupakan aksi tukar paling merugikan dalam sejarah.

4. Kurasi Sebuah Karya

Pada tahun 2003, miliarder kosmetik Leonard Lauder memberikan koleksi karya Kubisme senilai USD 1,1 miliar kepada Museum Seni Metropolitan New York. Dimana sumbangan tersebut merupakan donasi seni termahal sepanjang masa.

 5. Hadiah Barang Seni untuk Istri 

Oligarki Rusia, Roman Abramovich pernah memberikan istrinya, Dasha Zhukova yang merupakan seorang pecinta seni dan pemilik galeri, sebuah mahakarya seni bernilai ratusan juta dolar, sebagai hadiah satu dekade mereka.

Pemberian hadiah dari Abramovich untuk sang istri, salah satunya adalah patung Giacometti (USD 14 juta), sekelompok 40 lukisan karya seniman Rusia Ilya Kabakov (masing-masing dihargai USD 30 juta- USD 60 juta), dan karya Francis Bacon (USD 86 juta) dan Lucian Freud (USD 33 juta).

 

 

3 dari 5 halaman

6. Taj Mahal

Tidak banyak orang tahu, bahwa bangunan paling terkenal di India, Taj Mahal, adalah sebuah hadiah. Penguasa Mughal Shah Jahan menghabiskan setara dengan USD 827 juta. Butuh lebih dari 22 tahun untuk membangun bangunan ini untuk mendiang istri kesayangannya.

Lebih dari 20.000 pengrajin berpartisipasi dalam pembuatan tempat yang sekarang menjadi objek wisata utama India.

Legenda mengatakan bahwa Shah mengeksekusi banyak arsitek dan pengrajin yang terlibat dalam pembangunan Taj Mahal untuk memastikan mereka tidak akan pernah lagi membangun bangunan seindah dan semegah itu.

6. Berlian 68 Karat

Bersaing melawan Sultan Brunei dan Aristoteles Onassis, Richard Burton kehilangan berlian 68 karat di lelang pada tahun 1969.

Karena menyesal dengan hasil tersebut, keesokan harinya, Burton pun membeli permata tersebut dari pemenang lelang seharga USD 1 juta, untuk diberikan kepada istrinya Elizabeth Taylor.

Setelah perceraian keduanya pada 1978, Taylor menjual berlian itu dan menyumbangkan hasilnya untuk mendanai pembangunan sebuah rumah sakit di Botswana.

 

 

4 dari 5 halaman

8. Kapal Pesiar Super

Setelah saudaranya Mukesh memberi istrinya, Nina, sebuah jet Airbus A319 senilai USD 60 juta, miliarder India Anil Ambani memberi istrinya Tina (mantan aktris Bollywood) kapal pesiar super 34 meter, bernama Tian, ​​pada tahun 2008. Hadiah tersebut pun dilaporkan menghabiskan lebih dari USD 80 juta.

Jumlah ini mewakili lebih dari dua kali lipat biaya standar satu juta per meter dari sebagian besar kapal pesiar super. Kapal Custom Line buatan Italia ini mempunyai perlengkapan yang spektakuler.

 9. Pencandu Permata

Pada tahun 1908 multijutawan pertambangan emas, Thomas Walsh membeli berlian 94,08 karat untuk putrinya Evalyn, sebagai hadiah pernikahan.  Berlian itu pun bernama Star of the East, yang mempunyai harga USD 120.000 dari Cartier, Paris.

Tiga tahun kemudian, sekali lagi Evalyn dihadiahkan sang suami, Edward Beale Mclean, sebuah permata Hope seberat 45,52 karat seharga USD 300.000 (sekitar USD 7,6 juta hari ini).

 10. Pernikahan Spektakuler

Miliarder Rusia Mikhail Gutseriev menghabiskan sekitar USD 1 miliar untuk pernikahan putranya, Said, di tahun 2016.

Pernikahan tersebut pun digelar selama beberapa hari di berbagai kota, dan mereka juga mengundang Jennifer Lopez, Sting dan Enrique Iglesia sebagai pengisi acaranya.

Pengantin wanita dari pernikahan tersebut pun mengenakan gaun pengantin Elie Saab couture senilai USD 1 juta.

Reporter: Yoga Senjaya Putra

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Ini