Sukses

Gubernur BI: New UMKM jadi Sumber Pertumbuhan Baru Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia kembali menggelar Festival Karya Kreatif Indonesia Sesi III tahun 2020. Mengangkat tema UMKM Sahabat Milenial, acara ini digelar secara virtual pada 20-22 November 2020.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan acara ini diselenggarakan sebagai bentuk nyata bank sentral melakukan sinergi kuat antara pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk perekonomian nasional.

"Penyelenggaraan ini wujud nyata Bank Indonesia dan sinergi kuat dengan pemerinta dan pemangku kepentingan," kata Perry dalam pembukaan acara Karya Kreatif Indonesia, Jakarta, Jumat (20/11)

Dia menuturkan kegiatan ini dilakukan dengan mengutamakan 3 pilar. Pertama, korporatisasi sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan UMKM.

"Korporatisasi sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan UMKM," kata Perry.

Kedua, kapasitas yang diarahkan pada peningkatan UMKM dalam penciptaan nilai tambah termasuk melalui digitalisasi. Ketiga, pembiayaan untuk perluasan akses keuangan UMKM.

Perry menambahkan di era adaptasi kebiasaan baru (new normal) ini, akselerasi digitalisasi membuat UMKM memiliki wajah baru. Era New UMKM ini diharapkan bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia.

"New UMKM sebagai sumber pertumbuhan baru ekonomi kita menuju Indonesia baru," kata Perry.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Dukung UMKM di Tengah Pandemi, BI Gelar Karya Kreatif Indonesia 2020 secara Virtual

Bank Indonesia (BI) kembali menggelar Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang ke-5 kalinya. Di tahun 2020 ini, gelaran untuk UMKM ini diselenggarakan secara virtual dengan 3 seri.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi BI dan pemerintah untuk tetap memajukan UMKM sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional.

"Oleh karenanya, penyelenggaraan KKI di tahun 2020 kita lakukan dengan konsep, pendekatan dan kreatifitas yang baru untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada untuk tetap memajukan UMKM," ujar Perry dalam tayangan virtual, Jumat (28/8/2020).

Perry melanjutkan, event KKI diselenggarakan tidak hanya untuk mengangkat karya kreatif dari UMKM-UMKM binaan BI, namun juga mendorong akses perluasan UMKM ke pasar global dengan dukungan pemanfaatan teknologi.

"Inilah komitmen kuat dari Pak Presiden, Menkop UMK, Menparekraf, BI secara bersama kita akan maju membina dan memperkuat UMKM kita," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI Budi Hanoto menyatakan, seri pertama KKI dimulai pada 28 Agustus hingga 30 Agustus 2020 mendatang dengan tema Sinergi untuk UMKM Ekspor.

Lalu, seri kedua akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 dengan tema Sinergi untuk UMKM Digital. Seri ketiga akan berlangsung di bulan November 2020 dengan tema UMKM Sahabat Milenial.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: