Sukses

Jawaban Tepat Saat Ditanya Alasan Pilih Melamar Kerja di Satu Perusahaan

Liputan6.com, Jakarta Selain pertanyaan "ceritakan lebih dulu diri tentang diri Anda", salah satu pertanyaan dasar yang selalu dipertanyakan human resources department (HRD) ketika wawancara kerja, adalah "Kenapa Anda mau kerja di sini?"

Pertanyaan tersebut pun begitu banyak variasinya, Contohnya lain, yakni:

- "Kenapa memilih perusahaan ini?"-

- "Hal spesifik apa yang ingin Anda dapatkan dari perusahaan ini, dan kenapa?"

- "Kenapa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan ini?"

J.T O'Donnel, CEO dari Work it Daily, yang juga bekerja sebagai pelatih karir selama 15 tahun, mengatakan sering menemukan jika banyak kandidat kerja yang tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik.

Berikut ini adalah saran yang diberikan O'Donnel saat Anda ditanya tentang alasan memilih bekerja di satu perusahaan, seperti melansir laman CNBC, Sabtu (21/11/2020).

 

Jangan katakan hal-hal ini:

- "Saya siap untuk mengembang tanggung jawab yang lebih besar, dan bekerja di perusahaan ini akan menjadi sebuah batu loncatan yang baik bagi karir saya."

Jawaban tersebut memang terdengar baik, tapi pernyataan tersebut akan mengindikasikan bahwa kamu hanya menginginkan promosi jabatan saja.

Pihak HRD juga akan ragu terhadap minat dan keseriusan kamu terhadap perusahaan terkait, jika nantinya mungkin ada kesempatan kerja yang jauh lebih baik.

- "Saya sudah mendengar begitu banyak hal baik dari banyak pihak tentang perusahaan anda, dan keuntungannya akan sangat baik."

Jawaban tersebut adalah tipe pernyataan yang sudah biasa, dan biasanya pihak HRD sudah bosan dengan kalimat-kalimat tersebut.

Biasanya jawaban tersebut juga membuat kamu terkesan hanya ingin mendapatkan gaji yang besar dan keuntungan lainnya, jadi tidak ada kesan untuk memberikan tenaga dan ide baru bagi perusahaan tersebut.

 

Jawab dengan tipe jawaban "personal":

O'Donnel selalu menyarankan kepada kandidat-kandidat kerja bahwa pertanyaan semacam ini bukan mengincar seberapa banyak pengalaman kerja yang kamu punya.

Yang pihak HRD atau Manejer inginkan dari pertanyaan ini adalah seberapa banyak kamu tahu tentang perusahaan ini dan keseriusan untuk berkontribusi untuk tempat tersebut. Salah satu saran yang sering diberikan oleh O'Donnel kepada kandidat-kandidat kerja adalah menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang "personal"

 

2 dari 3 halaman

Jawaban yang Tepat

Berikut ini adalah contoh-contoh jawaban yang disarankan oleh O'Donnel:

- Contoh melamar sebagai posisi marketing di usaha retail fashion"Saya sendiri sebenarnya selalu mengagumi komitmen bisnis andauntuk terus melakukan usaha sumbangsih. Saat saya pernah baca bahwa perusahaan anda bekerja dengan partner manufaktur untuk memproduksimasker di fasilitas anda sendiri untuk para pekerja medis, saya berfikir bahwa itu adalah perusahaan dimana saya ingin bekerja di tempat tersebut, berbagi dengan sesama selalu menjadi filosofi hidup saya, oleh karena itu saya bersemangat untuk berkontribusi di tempat yang sama."

Contoh melamar sebagai manejer akutansi di perusahaan skincare"Saya telah banyak membeli produk-produk dari anda selama bertahun-tahun, saya khususnya selalumerekomendasikan produk "x" kepada teman-teman terdekat saya, jadi saya sangat senang saat ada peluang lowongan yang sesuai dengan kemampuan saya. Saya percaya bahwakunci untuk kesuksesan sebuah merk adalah kesenangan dari kostumernya, dan berdasarkan dari pengalaman, saya tahu bahwa hal tersebut merupakan prioritas bagi anda."

Hal yang harus dilakukan saat menyiapkan jawaban kamu :

Cerita koneksi personal kamu mungkin akan sedikit berbeda dengan nilai perusahaan dan penilai pribadi. Tapi intisarinya adalah untuk menunjukanbahwa kamu mengerti betul perusahaan ini, dan bagaimana kamu bisa berkontribusi dengan baik.

Hal-hal penting ini yang perlu diriset dari sebuah perusahaan:

- Apakah nilai dari perusahaan yang kamu incar? Bagaimana ketertarikan dan kemampuan kami bisa membantu kultur dari perusaan tersebut?

- Apa yang terjadi belakangan ini terhadap perusahaan tersebut dan kondisi industrinya? Apakah mereka baru saja mengganti produk dan penawaran servisnya?

- Kualifikasi apa yang menurut kamu sangat menonjol dari perusahaan ini? Bagaimana nilai kepribadian kamu bisa cocok di perusahaan ini dari segi personal maupunprofesional?

- Apakah kamu kenal salah satu pekerja di perusahaan tersebut? Jika ada tanyakan kepada mereka, apa yang disukai dari perusahaan dan alasannya?

 

 

Yoga Senjaya Putra

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: