Sukses

Jangan Hanya Lihat Untungnya, Cermati Dulu 10 Risiko Jadi Pengusaha

Berikut 10 risiko jika ingin menjadi pengusaha

Liputan6.com, Jakarta Jutaan orang di seluruh dunia bermimpi menjadi seorang pengusaha. Menjadi bos bagi diri sendiri sangatlah menyenangkan. Namun banyak risiko untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Berikut 10 risiko jika ingin menjadi pengusaha, dilansir dari laman entrepreneur.com, Rabu (28/10/2020).

1. Tidak ada gaji tetap

Semua bisnis harus menginvestasikan kembali modal ke perusahaan untuk memungkinkan pertumbuhan. Ini dapat memakan waktu berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun untuk akhirnya dapat membayar diri Anda sendiri dengan gaji tetap.

Sehingga dianjurkan untuk memiliki simpanan pendapatan tetap minimal 6 bulan sebelum terjun ke dunia bisnis.

Rencanakan hal yang tidak terduga, karena Anda mungkin perlu mengurangi kebutuhan dasar dan menjalani gaya hidup minimalis hingga usaha bisnis Anda sukses.

2. Mengandalkan arus kas

Arus kas Anda hanya bergantung pada pendapatan dari penjualan produk dan / atau layanan. Jadi apa yang terjadi jika klien tidak membayar faktur tepat waktu?

Apakah Anda memiliki modal untuk menutupi pengeluaran sehari-hari jika terjadi keadaan yang tidak terduga?

Solusinya, miliki rencana bisnis yang kuat dan modal untuk mendukungnya sebelum melompat ke dunia bisnis.

Lakukan riset, dan amankan klien yang andal serta ketahui biaya tidak hanya untuk operasi harian, tetapi juga memperhitungkan kerusakan, kehilangan klien, biaya hukum, perubahan pasar, kemajuan teknologi, dan banyak lagi.

3. Permintaan pasar untuk produk/layanan

Pasar dapat berubah dengan sangat cepat. Anda harus memiliki rencana dan cukup fleksibel untuk menggerakkan organisasi Anda agar sesuai dengan permintaan pasar.

Mungkin Anda menjual sabun tangan dari susu kambing, tetapi tiba-tiba semua orang menginginkan produk non-hewani. Apakah Anda punya rencana cadangan?

Solusinya, diversifikasi produk atau layanan Anda dapat menjadi kunci untuk memastikan perubahan pasar tidak menghancurkan bisnis Anda.

Rencana bisnis Anda juga harus memiliki strategi keluar yang telah direncanakan sebelumnya terutama untuk produk "trendi".

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Waktu

Sebagai pemilik bisnis, waktu Anda dengan cepat tersita karena Anda adalah kunci untuk ide, pemasaran, penjualan, pencarian prospek, penutupan, dan lainnya.

Anda bertanggung jawab atas setiap detail seputar bisnis Anda dari legalitas hingga keputusan akhir dan tanpa waktu, Anda akan melakukannya. Cepat kewalahan dan menjadi korban kelelahan.

Solusinya, ingatlah meluangkan waktu untuk melepas lelah. Mungkin mengatur waktu di penghujung hari untuk mematikan ponsel dan menutup laptop untuk fokus pada diri sendiri dan keluarga.

5. Kesehatan

Tidak seperti bekerja untuk orang lain, Anda tidak dapat lagi menelepon atasan dan meminta hari sakit dan mengharapkan bisnis berjalan seperti biasa karena, tanpa Anda, tidak ada bisnis.

Kelelahan, stres, dan penyakit adalah rintangan yang harus dihadapi setiap pengusaha dan semua itu dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Solusinya, penting untuk selalu menyediakan waktu untuk Anda karena jika Anda sehat maka akan menumbuhkan bisnis yang sehat pula.

6. Karyawan

Sebagai wirausahawan baru, Anda kemungkinan tidak akan memiliki investasi modal awal yang dibutuhkan untuk tim besar karyawan, sehingga penting untuk mempelajari semuanya sendiri atau menemukan dan mempekerjakan sekelompok kecil orang yang sesuai dengan tujuan dan energi Anda.

Maka lakukan riset, ajukan pertanyaan sulit, dan jangan takut untuk mempekerjakan dalam basis uji coba dengan tenggat waktu yang ditetapkan untuk proyek guna memastikan karyawan Anda cocok dengan bisnis Anda.

7. Emosional

Menjadi bos bagi diri Anda sendiri adalah kesempatan yang menyenangkan! Sayangnya, banyak startup juga gagal dalam tahun pertama. Pasar berubah, klien mengering, dan Anda dapat menghadapi kebangkrutan, tindakan hukum, dan beberapa keadaan tak terduga lainnya yang dapat menyebabkan tekanan emosional dan fisik yang luar biasa.

Oleh karena itu, bersiaplah untuk menghadapi kejatuhan dan stres dengan memiliki sistem pendukung, mentor, dan rencana untuk membantu kesejahteraan emosional Anda selama masa-masa sulit.

 

3 dari 3 halaman

8. Risiko pesaing

8. Risiko pesaing

Setiap bisnis memiliki pesaing untuk bersaing dan Anda harus waspada dalam mempelajari seluk beluk persaingan Anda sekaligus melindungi bisnis Anda sendiri.

Ada beberapa biaya hukum yang terkait dengan hak intelektual dan kepemilikan Anda karena akan selalu ada peniru di luar sana yang akan mencoba mencuri nama, desain, dan sebagainya yang memasarkannya sebagai milik mereka.

Solusinya, ajukan merek dagang, hak cipta, dan siapkan kontrak hukum profesional untuk klien, staf, produsen, dan lainnya untuk melindungi kepentingan Anda.

9. Risiko operasional

Sistem teknologi TI, rantai pasokan, pencatatan, penipuan, pemeliharaan sistem, dan lainnya. Semuanya berada di bawah risiko operasional dan semakin Anda mengabaikan setiap sistem, semakin tinggi risiko satu atau lebih kegagalan.

Pencatatan misalnya harus dilakukan secara akurat dan konsisten untuk menghindari kesalahan pada pembukuan Anda yang dapat menghabiskan biaya ribuan bahkan jutaan atau denda.

Untuk mengurangi risiko operasional, Anda dapat memilih untuk menyewa tim manajemen risiko untuk memastikan sistem dan pekerjaan internal Anda terlindungi dari penipuan, peretasan, dan selalu luangkan waktu untuk memantau dan mengevaluasi staf dan sistem secara berkala untuk memastikan Anda memiliki orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat.

10. Keluarga

Pengorbanan itu penting dalam bisnis. Kadang-kadang Anda harus memberikan satu hal untuk mendapatkan bandwidth untuk sesuatu yang lebih penting. Keluarga seharusnya tidak dikorbankan, tapi kebanyakan mengorbankan waktu dengan keluarga.

Maka dari itu, perlu untuk mempersiapkan keluarga Anda sebelum mencapai tujuan dan waktu luang akan membantu mereka memahami bahwa Anda tidak boleh hadir di setiap acara atau makan malam keluarga.

Singkatnya, menjadi bos bagi diri Anda sendiri dalam perjalanan menjadi wirausahawan yang sukses memiliki banyak tantangan, namun, dengan menerapkan rencana bisnis yang kuat Anda akan dapat merespons risiko dengan rencana yang jelas untuk meminimalkan risiko kegagalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.