Sukses

Label Gelar IPO, 7 Anggota K-Pop BTS akan Jadi Multijutawan

Para penggemar berat BTS di Korea Selatan berharap untuk membeli setidaknya satu saham di label manajemen untuk mendukung anggota favorit mereka.

Liputan6.com, Jakarta Ketujuh anggota grup K-pop asal Korea Selatan BTS, digadang-gadang menjadi multi miliarder. Ini terjadi ketika perusahaan label mereka Big Hit Entertainment resmi melantai di bursa (go public) pada Oktober tahun ini.

Melonjaknya permintaan saham Big Hit, membawa nilai pasar label ini menembus £ 3,2 miliar (USD 4,1 miliar) atau setara Rp 61,9 triliun, dengan harga saham di atas kisaran target.

Bos Big Hit Bang Si-hyuk, yang memiliki 43 persen di label manajemen, akan menjadi miliarder baru seiring IPO.

Para anggota BTS akan kecipratan untung karena pada Agustus, Si-Hyuk membagikan setiap anggota BTS 68.385 saham, senilai total £ 6,2 juta (Rp 118,6 miliar).

Saat ini dengan harga antara 105.000-135.000 won (£ 70,03- £ 88,70) per saham, Big Hit mengharapkan bisa mengumpulkan sekitar £ 638,3 juta. Uang yang terkumpul dari penjualan 7,13 juta saham baru ketika terdaftar di Bursa Efek Korea, KOSPI, pada 15 Oktober 2020.

Saham label BTS mencetak rekor baru, pada Senin kemarin, ketika penjamin emisi hanya membutuhkan beberapa jam diserbu investor yang berminat mengambil saham di perusahaan ketika pesanan dibuka. Bahkan, terjadi permintaan 1.000 kali lebih tinggi dari saham yang tersedia.

Menurut BBC dan CNBC, Selasa (29/9/2020), tingginya permintaan mungkin karena para penggemar berat BTS di Korea Selatan berharap untuk membeli setidaknya satu saham di label manajemen untuk mendukung anggota favorit mereka.

Yang lebih mengejutkan lagi, ini adalah IPO terbesar Korea Selatan dalam tiga tahun.

Itu pertanda bahwa popularitas BTS belum berkurang, meskipun grup tersebut terpaksa membatalkan tur dunianya karena pandemi virus corona. Ditambah risiko bahwa beberapa anggota mungkin segera harus menjalani wajib militer selama dua tahun.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencapaian BTS

Pada 2019, BTS menghasilkan 97 persen penjualan bagi Big Hit pada tahun lalu, dan 88 persen pada tahun ini.

BTS telah mencetak banyak rekor musim panas ini, termasuk menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100 dengan single Dynamite mereka.

BTS telah berulang kali memecahkan rekor dalam tujuh tahun sejarah mereka. Pada bulan Agustus, singelnya Dynamite menjadi video YouTube yang paling banyak dilihat dalam 24 jam, mengumpulkan 101,1 juta penayangan dalam sehari.

Band K-pop juga menjadi artis Korea pertama yang menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100 dengan single itu. Grup ini juga mendapat pujian dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang mengatakan sedang menulis "babak baru dalam sejarah K-pop".

Dan konser online yang diadakan pada bulan Juni, BTS mendapat rekor Dunia Guinness lainnya untuk streaming konser musik langsung yang paling banyak ditonton, dengan 756.000 penggemar bergabung dari lebih dari 100 negara.

Grup ini terdiri dari Kim Tae-hyung (dikenal sebagai V), Jung Ho-seok (J-Hope, Kim Nam-joon (RM), Kim Seok-kin (Jin), Park Ji-min, Jeon Jung-kook dan Min Yoon-gi (Suga).

Para penggemar sekarang sangat menantikan rilis mendatang dari BE, album kedua BTS tahun ini, pada 20 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.