Sukses

Bagaimana Cara Jungkook BTS Mengubah Standar Kecantikan Kebarat-baratan?

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lembaga Penelitian Bahasa Korea menjelaskan bagaimana Jungkook BTS sukses mengubah perspektif publik. Member termuda Bangtan Boys ini disebut membantu mendefinisikan kembali standar kecantikan kebarat-baratan.

"Jungkook menggantikan pesona James Dean," katanya dalam artikel tentang K-Wave dan bagaimana BTS jadi musisi paling populer di era sekarang, seperti dilansir dari allkpop, Jumat (25/9/2020).

"BTS sekarang adalah grup paling populer di dunia. Akhirnya, pria dan wanita Korea secara tak langsung jadi pusat kecantikan dunia," ungkap Lim Sung-Soon, Direktur Institut Hangul.

Aktor James Dean terkenal sebagai ikon gaya terbaik tahun50-an yang memiliki pengaruh abadi pada mode modern. Look-nya jadi templat mode untuk banyak orang karena gaya yang menyegarkan dan unik.

Sementara, sekarang banyak pihak memuji Jungkook karena gaya busananya yang unik dan selalu jadi tren. Jungkook sendiri dikenal lewat gaya fesyen tanpa gender.

Penampilan main vocal BTS ini telah menarik perhatian, entah pria maupun wanita. Jungkook pun disorot sebagai idol K-Pop yang memengaruhi gaya berbusana anak muda. Ia membuat sepatu bot militer jadi modis sehingga gadis Korea sudi memadukannya dengan midi dress.

Jungkook BTS juga telah jadi trendsetter genarasi sekarang dengan memviralkan hanbok modern di kalangan remaja. Pejabat merek hanbok modern yang dipakai Jungkook mengatakan, "Dulu anak muda enggan memakai hanbok modern. Tapi, setelah dipakai Jungkook, bajunya jadi hits."

2 dari 3 halaman

Dorong Penelusuran Fesyen Tanpa Gender

Majalah mode global terkemuka Allure and Glamour UK pun telah memilih rambut panjang Jungkook sebagai salah satu sorotan pada 2019 dalam laporan mode tahunan mereka. Sebelumnya, The Independent menyatakan, sepatu Alexander McQueen adalah salah satu produk terpopuler tahun ini setelah dipakai Jungkook BTS.

Alhasil, penelusuran gaya uniseks tumbuh sebesar 43 persen di bulan Mei. Ikon fesyen Jungkook membuktikan dirinya memiliki selera busana yang secara progresif mengubah standar kecantikan kebarat-baratan.

Dalam penampilannya, member BTS memang acap kali terlihat selaras, namun tak meninggalkan kesan seragam. Lewat sentuhan di sana-sini. entah potongan busana, pemakaian aksesori, maupun styling, mereka tetap bisa merepresentasi keunikan pribadi masing-masing.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: