Sukses

Bosan Sama Kerjaan? Yuk, Segarkan Diri dengan 5 Trik Ini

Liputan6.com, Jakarta Perasaan bosan dengan pekerjaan sepertinya adalah hal yang normal saja. Setiap orang bisa mencapai titik jenuhnya kapan saja terhadap rutinitas karier masing-masing.

Persoalannya, kalau dibiarkan, perasaan tersebut bisa berdampak negatif pada produktivitas Anda di kantor. Tapi Anda juga tidak perlu khawatir secara berlebihan jika mengalami hal tersebut dan tentu saja jangan menyerah terlalu cepat.

Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk menyegarkan pikiran dan kembali menikmati pekerjaan saat ini. Mengutip laman lifehack.org, Kamis (13/8/2020), berikut 5 trik yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi diri saat jenuh dengan pekerjaan di kantor:

1. Pikirkan suasana kerja yang ideal

Saat merasa jengah dengan pekerjaan saat ini, cobalah untuk menemukan gambaran besar tentang pekerjaan atau suasana kerja yang Anda impikan.

Luangkan waktu untuk menemukan berbagai aspek kerja yang dapat membuat pekerjaan saat ini terasa ideal. Catat dan coba perbaiki semua kekurangan yang terpikirkan. Hal tersebut biasanya efektif membuat Anda keluar dari rasa jengah yang mendera.

2. Ingat saat Anda sangat menyukai pekerjaan tersebut

Tak ada yang merasa bosan dengan pekerjaannya sedari awal. Mereka biasanya menyukai pekerjaannya hingga kelelahan dan mulai merasa jenuh. Mari lihat kembali perjalanan karier Anda. Pikirkan masa-masa di mana Anda merasa pekerjaan tersebut adalah segalanya.

Saat Anda berhasil mengerjakan proyek besar, atau hal kecil seperti saat atasan mengapresiasi kerja keras Anda. Ingatlah, masa di mana Anda sangat menikmati pekerjaan tersebut. Pikirkan faktor-faktor menyenangkan yang membuat Anda dapat kembali bersemangat.

 

2 dari 3 halaman

3. Mencari tahu penyebabnya

Perasaan mumet biasanya muncul saat Anda melewatkan hal-hal yang sebenarnya berharga dalam pekerjaan Anda sekarang.
 
Coba cari tahu apa penyebabnya dan tentukan langkah-langkah luar biasa yang bisa Anda lakukan. Pikirkan baik-baik semua hal yang membuat Anda merasa jenuh dan kemungkinan cara mengatasinya.
 
4. Mencoba hal baru
 
Saat jenuh dengan pekerjaan saat ini, tanpa keluar, Anda bisa melakukan hal-hal baru. Bisa apa saja, memulai kebiasaan positif di kantor, mencoba bergaul dengan rekan kerja lain, mencari tempat makan siang yang tak biasa, dan berbagai hal lain yang bisa membuat Anda lebih bersemangat.
 
5. Tentukan target kerja yang baru
 
Perasaan jenuh, bosan, atau mumet seringkali datang karena bisa jadi Anda merasa sudah mencapai tujuan karier yang diharapkan. Jika begitu, buatlah target-target karier yang baru yang membuat Anda lebih termotivasi untuk melakukan upaya-upaya yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya di kantor.
 
3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: