Sukses

Libur Idul Adha, Penumpang KA Jarak Jauh Naik 2 Kali Lipat

Secara keseluruhan, perjalanan 11 KA Jarah Jauh dari Gambir dan Senen ini berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Penumpang kereta api (KA) Jarak Jauh naik hingga dua kali lipat sambut libur panjang Idul Adha. Menurut Data PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI total penumpang KA Jarak Jauh pada 11 KA yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis 30 Juli 2020 mencapai 3.958.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, jumlah tersebut mengisi sekitar 90 persen dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 4.385 pada Kamis 30 Juli 2020. Jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta.

"Pemberangkatan KA Jarak Jauh pada 30 Juli ini meningkat sekitar 2 kali lipat jika dibandingkan pada akhir pekan minggu lalu," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (31/7/2020).

secara keseluruhan perjalanan 11 KA Jarah Jauh dari Gambir dan Senen ini berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan Covid-19 yang diterapkan baik di stasiun dan rangkaian kereta.

Eva melanjutkan, pantauan lapangan seluruh penumpang mengikuti aturann yang diterapkan seperti menggunakan masker dan faceshield setelah boarding di stasiun hingga selama perjalanan KA berlangsung.

"Para pengguna KA Jarak Jauh juga secara koperatif mengikuti pemeriksaan suhu tubuh berkala yang dilakukan sepanjang perjalanan kereta," kata dia. 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan Jumat 31 Juli 2020

Sementara untuk Jumat 31 Juli 2020, di area Daop 1 Jakarta terdapat 7 KA yang dioperasikan. Tercatat sekitar 2.600 tempat duduk telah dipesan melalui jalur pemesanan online dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.155.

Pada pengoperasian KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, aturan suhu tubuh normal dan memiliki berkas hasil Rapid atau PCR test yang berlaku 14 hari menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon penumpang.

Jika salah satu persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan langsung diganti 100 persen melalui bantuan petugas.

PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau seluruh pengguna jasa juga tetap menjalankan upaya pencegahan Covid 19 melalui penggunaan baju lengan panjang, penjagaan jarak fisik dan menggunakan fasilitas untuk membersihkan tangan yang telah tersedia di stasiun dan di dalam rangkaian kereta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.