Sukses

Wall Street Anjlok Dibayangi Meningkatnya Ketegangan AS-China

Dow Jones Industrial Average merosot 182,44 poin atau 0,6 persen menjadi 26.469,89.

Liputan6.com, Jakarta - Saham di Amerika Serikat (AS) jatuh pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta), karena Wall Street mengakhiri minggu perdagangan yang fluktuatif. Hal ini dibayangi ketegangan AS-China yang semakin meningkat.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (25/7/2020), Dow Jones Industrial Average merosot 182,44 poin atau 0,6 persen menjadi 26.469,89.

S&P 500 turun 0,6 persen atau 20,03 poin menjadi 3.215,63. Sedangkan Nasdaq Composite turun 0,9 persen atau 98,24 poin menjadi 10.363,18.

Salah satu saham di Dow, Intel, anjlok lebih dari 16 persen setelah produsen chip tersebut menawarkan panduan yang mengecewakan untuk kuartal III dan menunda rilis chip generasi berikutnya.

Dow turun 0,7 persen sepanjang minggu ini dan menghentikan kenaikan beruntun dalam tiga terakhir. S&P 500 turun 0,2 persen sepanjang pekan ini dan menjadi penurunan mingguan pertama dalam empat pekan.

Sementara indeks saham Nasdaq turun 1,3 persen minggu ini dan menjadi penurunan mingguan back-to-back pertama sejak Mei.

"Kami hidup dalam kondisi volatilitas tinggi yang konstan," kata Johan Grahn, Kepala Strategi ETF di Allianz Investment Management.

"Kami dikelilingi oleh ketidakpastian ini, tidak hanya di pasar, tetapi juga di setiap sudut kehidupan sehari-hari. Sangat sulit untuk melihat volatilitas ini dan semua ketidakpastian yang menyiratkannya hilang dalam waktu dekat,” lanjut Grahn.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergerakan Saham

Saham Facebook, Alphabet, Apple dan Microsoft, semuanya diperdagangkan melemah. Tesla turun lebih dari 6 persen. Amazon dan Netflix melawan tren negatif, masing-masing naik 0,6 persen.

Big Tech telah menjadi pemimpin pasar tahun ini karena investor bergulat dengan pandemi coronavirus dan dampaknya terhadap laba perusahaan.

Amazon dan Netflix masing-masing naik 62 persen dan 48 persen. Alfabet dan Facebook masing-masing naik lebih dari 12 persen dalam kurun waktu tersebut.

Namun minggu ini, saham-saham ini harus berjuang keras. Facebook turun lebih dari 4 persen minggu ini dan Apple turun 3,8 persen. Netflix tergelincir 2,5 persen selama periode waktu tersebut. Microsoft dan Alphabet, masing-masing turun setidaknya 0,5 persen minggu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.