Sukses

Serapan Anggaran Kementerian dan Lembaga Rendah, Ini Alasannya

Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional, kementerian dan lembaga pemerintah diminta untuk merealisasikan program menggunakan anggaran yang telah dialokasikan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional, kementerian dan lembaga pemerintah diminta untuk merealisasikan program menggunakan anggaran yang telah dialokasikan.

Realisasi anggaran bisa dilakukan dengan belanja barang atau mengadakan kegiatan yang bisa dananya sampai ke masyarakat.

"Makanya ini anggaran ini lebih prioritas dalam 5 bulan ini, misalnya untuk belanja barang dan biaya perjalanan dinas," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (24/7).

Namun, hal ini tidak bisa dilakukan oleh semua lembaga. Sri Mulyani mengatakan belum lama ini Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengaku tidak bisa merealisasikan anggaran karena program yang dibuat tidak bisa dilaksanakan di masa pandemi.

"Menteri Olahraga kemarin bilang anggarannya tidak bisa direalisasikan karena tergantung even olahraga, tapi saat ini tidak ada," kata dia.

Dia menyarankan agar anggaran yang dimiliki bisa dibelanjakan barang. Namun dalam pembelian barang ini juga harus tetap akuntabel. Hal yang sama juga dialami oleh Kementerian Luar Negeri.

Di masa pandemi ini banyak anggaran kegiatan yang tidak terpakai. Sebab berbagai pertemuan atau konferensi dilakukan secara virtual. Sehingga biaya perjalanan dinas atau penyelenggaraan kegiatan tetap utuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Kelola Anggaran

Untuk itu, Sri Mulyani meminta pegawainya untuk membantu berbagai kementerian dalam mengelola anggaran. Bahkan mereka diminta untuk jemput bola, tanpa menunggu kementerian tertentu memohon bantuan.

"Kita instruksikan buat dirjen kita enggak boleh nunggu, datangi kementerian lembaga, bantu mereka mengubah dokumen anggaran," kata dia.

Namun, perubahan anggaran yang dilakukan tetap bertujuan untuk menggerakan ekonomi masyarakat. Sebab, semakin cepat anggaran dipakai, semakin akan membantu masyarakat.

"Sehingga dunia usaha tidak mekakuan PHK dan ini akan jadi perhatian kita," katanya mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.