Sukses

Ganjaran untuk Petugas KRL Jujur, Penemu Rp 500 Juta

Menteri BUMN Erick Thohir memberikan apresiasi terhadap petugas KRL, Mujenih dan Egi, yang viral karena mengembalikan uang penumpang.

Liputan6.com, Jakarta Petugas kebersihan kereta rel listrik (KRL), Mujenih (30), menemukan uang senilai Rp500 juta dalam kantong plastik yang sebelumnya dikira tumpukan sampah. Kantong plastik itu tergeletak di gerbong kereta saat parkir di Stasiun Bogor, Jawa Barat.

Mujenih tak sendiri, ia bersama Egi Sandi Saputra yang bertugas sebagai petugas pengawalan KRL tengah melakukan penyisiran dan menemukan kantong plastik tersebut.

Sebelum mengetahui kantong plastik itu berisi uang, tak satu pun penumpang KRL yang lalu lalang menaruh perhatian. Bahkan, beberapa penumpang sempat menendang-nendang bungkusan tersebut lantaran mengira berisi sampah.

Setelah menyerahkan uang dalam plastik hitam ke PS Stasiun Bogor, selang 10 menit pemiliknya yang merupakan laki-laki paruh baya, langsung datang mengambilnya.

Atas kejujurannya, Mujenih pun mendapat banyak ganjaran hadiah. Dirangkum Liputan6.com, Selasa (14/7/2020), berikut deretan hadiah yang didapat oleh petugas KRL jujur tersebut:

Pujian

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan apresiasi terhadap petugas KRL, Mujenih dan Egi yang viral karena mengembalikan uang penumpang sebesar Rp 500 juta. Menurut Erick, apa yang dilakukan oleh Mujenih dan Egy adalah bentuk tindakan yang menginspirasi semua pihak.

"Ini tindakan luar biasa dan menginspirasi. Ini bukan hanya simbolik, tapi harus kita lakukan sebagai bangsa besar. Semua yang kita lakukan tidak ada artinya kalau tidak didasari akhlak," ujar Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asuransi Seumur Hidup dari BNI Life

Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya salut dengan kejujuran Mujenih dan Egi Sandi Saputra. Kejujuran patut diberi penghargaan sebagai contoh bagi yang lain untuk bersikap serupa.

“Saya mewakili manajemen BNI Life memberikan asuransi BNI Life Protection Plus kepada Mujenih dan Egi. Masing-masing mendapatkan premi atau dana investasi sebesar Rp 50 juta yang langsung memberikan perlindungan seumur hidup dan atau sampai usia 100 tahun," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis.

3 dari 5 halaman

Asuransi dari BRI

BRI bersinergi bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan penghargaan kepada dua petugas KRL, yaitu Egi Sandi Saputra (24) dan Mujenih (34) atas kejujuran dan tindakan yang dilakukan dalam menginspirasi karyawan di lingkungan kerja.

Penghargaan yang diberikan berupa bantuan Asuransi Davestera (Dana Investasi Sejahtera) BRI Life yang merupakan gabungan dari Asuransi Perlindungan Jiwa, Proteksi, dan Investasi dengan nilai uang pertanggungan maksimal Rp 500 juta.

4 dari 5 halaman

Kuota Internet

Atas tindakan Mujenih dan Egi, Telkomsel pun turut memberikan apresiasi berupa handphone dan kuota internet senilai Rp 200.000 per bulan selama 1 tahun.

Selain itu, juga ada saldo LinkAja masing-masing sebesar Rp 5 juta.

5 dari 5 halaman

Jadi Karyawan Tetap

Atas kejujuran Mujenih dan Egi, keduanya kini diangkat menjadi karyawan tetap di PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Sebelumnya, kedua petugas ini berstatus sebagai pegawai outsourcing.

Keduanya mengaku sangat bersyukur dan tidak menyangka mendapatkan ‘durian runtuh’ semacam ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini