Sukses

Kemenhub: Transisi New Normal, Keluar Masuk Jakarta Masih Wajib SIKM

Seluruh pengguna transportasi umum yang akan masuk DKI Jakarta wajib mengurus surat izin keluar masuk (SIKM)

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Kementerian Perhubungan atau Kemenhub Adita Irawati mengatakan, seluruh pengguna transportasi umum yang akan masuk DKI Jakarta wajib mengurus surat izin keluar masuk (SIKM) meski sudah masuk masa transisi menuju new normal.

Menurut dia, ketentuan ini tertuang dalam Pergub DKI Nomor 41 Tahun 2020.

"Tiap-tiap pemerintah daerah mempunyai aturan tersendiri di masa pengendalian pandemic covid-19 ini. Seperti gubernur Anies yamg menghendaki orang yang akan masuk ke Jakarta tentu wajib mengurus SIKM," kata dia saat menggelar video conference, Rabu (17/6/2020).

Apalagi, lanjut Adita, proses pembuatan SIKM bisa dilakukan secara digital sehingga memudahkan masyarakat yang membutuhkannya. Untuk itu, ia mengimbau pengguna transportasi kooperatif dalam mengikuti ketentuan yang diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Di sisi lain, Adita menyebut SIKM tidak bisa digantikan oleh surat keterangan domisili Jakarta. Sebab, SIKM masih diperlukan untuk menghadapi pandemi Covid-19 yabg masoh mewabah di wilayah Jakarta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Dipermudah

Meski begitu, ia meminta seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses pembuatan berbagai dokumen persyaratan untuk perjalanan dengan transportasi umum di tengah pandemi. Diantaranya meningkatkan meningkatkan program sosialisasi maupun penyediaan layanan pembuatan dokumen secara digital.

"Kita minta masyarakat dimudahkan dalam pembuatan dokumen. Kan, saat new normal ini kita juga bertujuan meningkatkan kegiatan ekonomi kembali," imbuh dia.

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.