Sukses

Kemenperin Dorong Peran Pengusaha Wanita Pulihkan Ekonomi Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik kepada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang turut berperan membangkitkan gairah para anggotanya untuk tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah yang ingin terus memacu roda perekonomian nasional guna menyejahterakan masyarakat.

"Mari kita bersama-sama menularkan energi positif untuk tetap semangat dalam berusaha dan berharap pandemi Covid-19 ini dapat segera berakhir serta pemulihan ekonomi cepat berlangsung, tidak hanya di dalam negeri namun juga di dunia," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam keterangannya, Sabtu (6/6/2020).

Menperin menegaskan, pemerintah fokus memulihkan kembali sektor usaha yang terimbas pandemi Covid-19. Tidak hanya bagi industri skala besar, tetapi juga termasuk sektor industri kecil menengah (IKM).

Sebab, IKM merupakan sektor usaha yang mendominasi di tanah air dan telah mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Kemenperin mencatat, jumlah sektor IKM tumbuh dari 3,6 juta unit usaha di tahun 2015 menjadi 4,6 juta unit usaha pada tahun 2019. Bahkan, untuk sektor IKMA, telah menyerap tenaga kerja cukup banyak hingga 10,8 juta orang dengan nilai produksi lebih dari Rp1 triliun pada tahun 2019.

 

2 dari 2 halaman

Peran IKM

Menurut Agus, sektor industri kecil memiliki peranan penting bagi kelompok industri skala menengah-besar. "Semua saling mendukung dan terkait, karena sebagian dari mereka adalah bagian value chain yang mendukung pengusaha menengah-besar," imbuhnya.

Oleh karena itu, Kemenperin fokus terhadap pengembangan sektor IKM, termasuk sisi produktivitas hingga pemasarannya.

Di sisi lain, Kemenperin sangat mendukung gerakan nasional IWAPI. Sehingga Menperin berharap IWAPI dapat menjadi bagian penting untuk memberikan dukungan terhadap sektor IKM nasional.

"Negara selalu membutuhkan srikandi ekonomi seperti para anggota IWAPI, yang selama ini telah menjadi bagian penting untuk mengisi pembangunan nasional. Apalagi, wanita mempunyai karakter telaten dan sabar. Dari dua faktor tersebut, kami optimistis IWAPI bisa mengatasi permasalahan berat dalam mengatasi dampak Covid-19 saat ini," tegasnya.