Sukses

Kenali 7 Tanda Atasan Ingin Menaikkan Jabatan Anda

Beberapa atasan memilih untuk menggunakan tanda-tanda khusus yang sedikit sulit untuk dipahami saat ingin menaikkan jabatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Kontribusi baik di perusahaan pasti akan selalu mendapat apresiasi dari atasan. Salah satunya adalah promosi jabatan. Pastinya senang dong kalau Anda menjadi kandidat yangmendapatkan apresiasi ini.

Sayangnya, tidak semua atasan mau menyampaikan hal ini secara terbuka di depan seluruh karyawan. Beberapa atasan memilih untuk menggunakan tanda-tanda khusus yang sedikit sulit untuk dipahami.

Tapi kalau diteliti dengan baik, Anda pasti bisa menebak maksud dan tujuan atasan tersebutlewat setiap tanda yang diberikan. Berikut beberapa tanda yang sering ditunjukkan atasanbila ingin menaikkan jabatan Anda yang telah dirangkum oleh Cermati.com.

1. Ketika Atasan Menyuruh Anda untuk Membantu Rekan Kerja

Hal yang cukup wajar kalau seandainya ada rekan kerja yang meminta bantuanmu. Namun kalau atasan sendiri yang memintamu untuk melakukan hal demikian, pasti ada sesuatu.

Memang, Anda tidak dapat menyimpulkan kalau jabatan akan diangkat dalam waktu dekat.Tapi setidaknya sudah ada sinyal yang arahnya menuju ke sana, apalagi kalau hal ini seringdilakukan oleh atasan.Bantuan yang diberikan dapat berupa metode atau penjelasan mengenai caramenyelesaikan sesuatu.

Setelah itu, biarkan rekan kerja mengerjakannya sendiri. Sementara Anda hanya sebagai sarana penyalur ilmu saja, tidak serta-merta ikut membantumenyelesaikan tugas tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sering Diutus untuk Memimpin Rapat

Sebagai karyawan, Anda pasti sangat senang bila atasan menyuruhmu untuk memimpinrapat. Apalagi pada rapat-rapat yang dihadiri oleh beberapa klien penting di luarperusahaan.

Ini berarti, atasan percaya pada skill yang Anda miliki dan berharap agar Anda tidakmembuat kesalahan apapun selama rapat berlangsung. 

Jika ini benar terjadi, coba persiapkan diri sebaik mungkin agar Anda bisa tampil maksimalpada rapat penting itu. Apabila atasan merasa potensi yang Anda miliki cukup, makajabatanmu akan segera dinaikkan. Tapi atasan perlu memastikannya lagi, dimana beliauakan menyuruhmu untuk kembali memimpin rapat pada waktu mendatang.

3. Diajak Meeting Bersama di Luar Jam Kantor

Bukan hanya di kantor saja, atasan pun dengan senang hati bila mengajak Anda untukmengikuti bersama beliau di luar jam kantor. Thanks to yourself, karena berkat skill yangdimiliki, Anda mendapat kesempatan yang bisa dikatakan langka.

Bukan tanpa tujuan, atasan mengajakmu karena beliau ingin melihat tinglat keberanian yangada pada dirimu dalam menyumbangkan ide-ide brilian di depan orang-orang yang sama sekali tidak dikenal. 

Apakah Anda gugup, keringat dingin, atau justru fleksibel. Atasan akan menilai semuanyasecara hati-hati sebelum menaruh kepercayaan untuk menjadikanmu sebagai pimpinan diperusahaan.

Sebaiknya jangan kecewakan beliau, karena nama baiknya ada di tanganmu selamameeting berlangsung.

3 dari 4 halaman

4. Atasan Sering Meminta Pendapat atau Opini Anda

Meski tidak selalu ditunjukkan, tapi percayalah kalau atasan selalu mengharapkan pendapatdan opini Anda, terutama saat rapat berlangsung.

Hal ini bisa dibuktikan dimana atasantidak akan menutup rapat sebelum Anda berbicara.Tapi setelah Anda berbicara, maka rapat akan langsung ditutup apalagi kalau sudah tidakada yang perlu dibahas.

Ini bisa terjadi karena opini Anda dianggap bagus dan berhasilmembawa perubahan saat diaplikasikan di perusahaan.Di sisi lain, atasan juga ingin mengetahui apakah Anda benar-benar mengikuti jalannyarapat atau tidak.

Hal ini bisa diketahui dari cara Anda menyampaikan jawaban, disertaidengan mimik atau ekspresi wajah.

5. Mendapat Banyak Feedback

Kinerja Anda dipuji dari atasan? Bagus, itu artinya atasan puas dengan apa yang Andakerjakan, tapi jangan langsung sombong dan berpuas diri. Pada kesempatan lain, atasanbisa saja memberi feedback negatif, berupa kritik yang tidak pernah disangka-sangka.

Tidak suka? Apapun yang Anda rasakan kala itu sebaiknya jangan ditunjukkan kepadaatasan, kalau Anda tidak ingin dicap kurang profesional. Lebih baik dengarkan semua kritik dan saran yang disampaikan oleh atasan.

Lagipula, inijuga demi kebaikan Anda karena atasan berharap lebih.  tahu atasan cuma ingin mengetesmental Anda saja.

4 dari 4 halaman

6. Sedikit Menjaga Jarak

Cara ini bisa dikatakan cukup menjengkelkan, sekaligus membuatmu bertanya-tanya apayang salah sehingga atasan menjauhimu. Make sense, tapi ketahuilah kalau atasan punyaalasan tersendiri kenapa melakukannya.Ya, karena beliau tidak ingin menunjukkan rencananya diketahui oleh siapapun, terutamaoleh Anda.

Kalau sampai ketahuan, Anda bisa jadi besar kepala dan sombong. Terkadang, atasan hanya ingin mengetahui reaksi Anda ketika dijauhi olehnya.

Sebagai calon pemimpin, Anda harus menyikapinya secara netral dan santai. Apapun yang terjadi,utamakan kepentingan perusahaan, bukan kepentingan pribadi yang melibatkan perasaan.

7. Komunikasi secara Empat Mata

Walau tidak ada angin atau hujan, tapi atasan memanggilmu ke ruangannya? Pasti deg-degan, tapi coba ambil sisi positifnya. Bisa saja atasan ingin mengoreksi tugas yang dikumpulkan minggu kemarin, atau ingin membicarakan tentang jenjang kariermu di perusahaan.

Who knows? Apapun itu, Andaakan segera mengetahuinya saat masuk ke ruangan dan dipersilahkan duduk.Promosi jabatan bisa dilakukan ketika Anda berhasil melewati setiap ujian tersembunyi yangdiberikan oleh atasan.

Sebaiknya persiapkan mental Anda dengan baik, karena beliau bisasaja bicara to the point kalau merasa waktunya sudah tepat. 

Maksimalkan Kinerja untuk Posisi Baru

Jika atasan mengangkat jabatanmu, selamat! Jerih payahmu selama ini terbayarkan sudah.Selalu upayakan untuk memberi kontribusi maksimal guna menjaga citra baik Anda diperusahaan.

Ingat, Anda jangan hanya puas di posisi baru saja. Manfaatkan kesempatan ini untuk lebihbanyak belajar dan mengumpulkan pengalaman demi menunjang karir Anda menjadi lebihbersinar lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini