Sukses

Luhut Soal Penumpukan Penumpang di Bandara Soetta: Itu Kita Salah

Liputan6.com, Jakarta - Pada 14 Mei 2020 lalu, sempat terjadi penumpukan penumpang pesawat terbang di Bandara Soekarno-Hatta. Sempat terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2.

Menanggapi itu, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengakui pemerintah salah mengeluarkan kebijakan.

"Itu juga kita salah tapi kita tata lagi supaya pemberangkatan itu bisa (sesuai protokol kesehatan). Tadi pagi saya lihat jaraknya sudah lumayan," kata Luhut dalam Bincang Khusus Sesi IV RRI, Jakarta, Sabtu (16/5).

Begitu juga dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah beberapa waktu lalu terkait pemberangkatan Kereta Commuter Jakarta-Bogor yang padat. Dia mengakui kebijakan yang diterapkan pemerintah saat itu kurang baik.

"Sama dengan kereta api Bogor (KRL) itu yang pertama kan kurang baik," kata dia.

Oleh karena itu, pemerintah terus berbenah. Luhut mengaku telah meminta pihak terkait untuk mematuhi aturan protokol kesehatan. Dia juga meminta operator perjalanan menjual tiket sesuai kapasitas yang diperbolehkan.

"Penjual juga harus tahu dong, kalau jual tiket jangan penuh, harus beberapa persen saja supaya ada jaga jarak," kata Luhut.

2 dari 2 halaman

Bandara Soetta Layani 3.196 Penumpang Hari Ini

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dijadwalkan melayani 95 penerbangan (take off dan landing) di rute domestik dan internasional pada hari ini, Sabtu, 16 Mei 2020.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020), memaparkan bahwa di Terminal 2, jadwal keberangkatan untuk rute domestik direncakan sebanyak 20 penerbangan dan kedatangan 21 penerbangan.

Adapun maskapai yang beroperasi di terminal ini adalah Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, NAM Air dan Citilink.

Sementara itu, di Terminal 3 untuk seluruh rute domestik dioperasikan oleh Garuda Indonesia dengan rencana jadwal keberangkatan 17 penerbangan dan kedatangan 18 penerbangan.

“Seluruh proses keberangkatan di Terminal 2 dan Terminal 3 sejak pagi tadi berjalan lancar di mana dilakukan antrean dengan tetap mengedepankan physical distancing,” kata President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020).

Untuk rute internasional dioperasikan berbagai maskapai dengan rencana keberangkatan sebanyak 10 penerbangan dan kedatangan sembilan penerbangan.

Berdasarkan laporan maskapai, jumlah penumpang dari 95 penerbangan yang direncanakan hari ini adalah 3.196 penumpang.