Sukses

Ingin Bantu Orang Tua Atur Keuangan, Perhatikan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Mengatur keuangan adalah hal yang penting, tak hanya untuk Anda saja, tapi orang tua juga mulai membutuhkan bantuan mengelola keuangan mereka.

Sebagai anak, Anda juga harus ikut memikirkan kondisi orang tua yang sudah lanjut usia dan masa depan keuangan mereka.

Mungkin Anda tidak nyaman untuk memulai pembicaraan dengan orang tua, tetapi ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya.

Mulai dari menanyakan kabar maupun mengerjakan pertanyaan-pertanyaan tentang keuangan mereka.

Berikut cara Anda membantu dan mengetahui keuangan orang tua, dilansir dari laman U.S News, Rabu (13/5/2020).

1. Tanyakan Tentang Dokumen Penting

Cara yang baik untuk memulai percakapan adalah memberi tahu orang tua tentang dokumen hukum yang harus dimiliki dan menanyakannya. Jika akhirnya Anda harus membantu orang tua dengan keuangan mereka, penting untuk memiliki surat kuasa.

Surat kuasa juga akan memberi Anda wewenang untuk berurusan dengan lembaga keuangan orang tua. Bahkan jika mereka hanya membutuhkan bantuan tambahan.

Anda tidak dapat mengakses rekening bank orang tua atau menulis cek dan membuat keputusan keuangan kecuali memiliki surat kuasa.

Dokumen penting lainnya adalah terkait perawatan kesehatan, yang memungkinkan mereka memilih seseorang untuk membuat keputusan medis atas nama orang tua jika mereka tidak dapat melakukannya sendiri.

 

2 dari 2 halaman

2. Kumpulkan Informasi Akun dan Kontak Utama

Jika orang tua Anda belum memerlukan bantuan dengan keuangan, minta mereka untuk mengumpulkan daftar informasi keuangan dan kontak utamanya.

Ini akan memberi permulaan jika Anda perlu mulai membantu orang tua dengan keuangannya, baik sementara atau permanen.

Anda dapat meminta orang tua untuk membuat daftar tentang akun, nomor rekening, nama pengguna dan kata sandi, polis asuransi, nama agen asuransi, di mana polis itu, bagaimana premi dibayar.

Kemudian medicare mereka dan Nomor Jaminan Sosial dan nomor SIM mereka. Minta mereka untuk menyimpannya di tempat yang aman dan memberi tahu Anda di mana.

Mereka tidak perlu membagikan detail akun dengan Anda pada saat ini, tetapi bisa memberi tahu di mana Anda menemukan daftar itu jika terjadi sesuatu pada mereka.

Bicarakan dengan orang tua tentang bagaimana tagihan akan dibayarkan jika terjadi sesuatu pada mereka. Bantu mereka mendaftar untuk layanan pembayaran otomatis untuk tagihan regular. Sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang tenggat waktu yang hilang atau mengirimkan cek.

Jika mereka melakukan perbankan online, Anda bisa mendapatkan akses ke akun mereka dan bekerja sama untuk membayar tagihan secara online.

Jika mereka belum memiliki perbankan online, Anda mungkin dapat mengatur akses online ke akun orang tua dari jauh melalui panggilan konferensi dan lembaga keuangan.

Anda dapat melihat apakah mereka mulai memiliki masalah dalam mengelola uang, melihat aktivitas yang tidak biasa dan juga membantu menghindari penipuan.

3. Bantuan Keputusan dan Klaim Perawatan Jangka Panjang

Pertanyaan yang lebih sulit tetapi penting untuk orang tua Anda adalah di mana mereka ingin hidup seiring bertambahnya usia.

Apakah mereka ingin tinggal di rumah atau bergerak lebih dekat ke keluarga, untuk pensiunan yang aktif?

Lalu, sudahkah mereka memikirkan bagaimana menerima perawatan jangka panjang, jika perlu.

Mengetahui keinginan mereka di awal dapat membantu meringankan stres jika orang tua mengalami keadaan darurat. Anda perlu membantu mereka menemukan perawatan jangka panjang dengan cepat.

 

BERANI BERUBAH: Ketika Bisnis dan Beramal Bersatu