Sukses

Nasehat Warren Buffet yang Jadi Inspirasi Bill Gates dan Sang Istri

Liputan6.com, Jakarta Salah satu miliarder terkaya di dunia, Warren Buffett dikenal sebagai legenda investor dunia. Tak heran, miliarder sekelas Bill Gates dan sang istri Melinda Gates juga mendengarkan nasehatnya.

Lewati batasanmu. Itulah nasehat yang diberikan Buffett pada pasangan Gates saat ia menaruh jutaan saham Berkshire Hathaway pada Bill and Melinda Gates Foundation di 2006.

"Yayasan-yayasan seperti milik kami memiliki kebebasan untuk menguji berbagai gagasan yang bisa dicoba, bahkan diantaranya dapat menjadi terobosan baru. Seperti biasanya, Warren Buffett, sahabat sekaligus sumber nasehat besar kami, membuatnya lebih berwarna. Saat ia mendonasikan kekayaannya pada yayasan kami dan bergabung sebagai rekan kerja, dia mendorong kami untuk melewati batasan," tulis Gates pada surat yayasan tahunan untuk 2020 seperti dikutip dari CNBC, Jumat (14/2/2020).

Gates kemudian menjelaskan, itu merupakan ungkapan yang banyak dikenal warga Amerika Serikat dari olahraga baseball. Saat mengayunkan pemukul, Anda biasanya mengerahkan seluruh kekuatan untuk memukul bola sejauh mungkin.

Menurut Gates, pukulannya bisa saja meleset, tapi jika Anda sukses memukulnya, hadiahnya juga akan sangat besar.

"Begitu pula cara pikir kami tentang beramal. Tujuannya bukan untuk kemajuan bertahap, tapi juga untuk berusaha sekuat tenaga dan jika sukses, Anda dapat meningkatkan taraf hidup banyak orang," papar Gates dalam suratnya.

Pasangan Gates mendirikan yayasan yang berbasis di Seattle tersebut pada 2000. Hingga 2018, total nilai yayasan tersebut telah mencapai USD 50,1 miliar untuk membantu rakyat miskin dan meningkatkan ksehatan di berbagai negara.

Selain itu juga, dana aman ditujukan untuk meningkatkan pendidikan di Amerika Serikat. Baru-baru ini, Gates Foundation juga mendonasikan total USD 100 juta untuk penyembuhan virus corona.

Ke depannya, yayasan Gates akan fokus pada perubahan iklim dan kesetaraan gender. Tentu saja untuk mencapai tujuannya, Gates akan terus mengaplikasikan nasehat Buffett.

"Saat Warren mendorong Melinda dan saya untuk melewati batasan beberapa tahun lalu, dia bicara tentang area yayasan kami dan bukan soal perubahan iklim. Tapi kini nasehatnya tetap bisa dilakukan. Dunia tidak bisa menyelesaikan masalah besar seperti perubahan iklim tanpa membuat pukulan besar," tandasnya.

2 dari 3 halaman

Deretan Fakta Menarik Warren Buffett, Miliarder yang Suka Sarapan Es Krim

Warren Buffett yang merupakan CEO Berkshire Hathaway, memiliki kekayaan bersih USD 87,1 miliar atau Rp 1.100 triliun (USD 1=Rp13,687). Tahun ini ia akan berusia 90 tahun pada 30 Agustus 2020.

Meskipun usianya sudah tua, Buffet dikenal sebagai miliarder yang dermawan, bahkan selama 10 tahun terakhir, ia sudah menyumbangkan uang untuk amal sebesar USD 27 miliar atau Rp369 triliun.

Selain itu, meskipun ia sebagai salah satu orang terkaya di dunia, miliarder ini dikenal dengan kebiasaannya yang hemat, ia tidak pernah menghabiskan lebih dari USD 3,17 atau Rp 43,388 untuk sarapan harian, cukup dengan membeli McDonald. Serta, ia memiliki rumah yang sederhana di Nebraska di Amerika Serikat, yang hanya bernila 0,001 persen dari total kekayaannya.

Bagi mereka yang mengenalnya sejak awal, kesuksesan Buffett tidaklah mengejutkan, karena sedari remaja Warren Buffett sudah bisa menghasilkan uang. Tapi Buffett bukan hanya ahli dalam menghasilkan uang, dia juga pandai memberikannya.

Meskipun awalnya ia tidak ada keinginan untuk menyumbangkan uangnya, sampai dia kemudian dalam kehidupan atas desakan istri pertamanya, Buffett sekarang dianggap sebagai salah satu dermawan paling dermawan di dunia, memberikan lebih dari USD 27 miliar dalam 10 tahun terakhir.

Anda tentu penasaran dengan miliarder yang satu ini, yang pandai berinvestasi dan dermawan, selain itu ternyata terdapat beberapa fakta yang mengejutkan lainnya tentang Warren Buffett, yang jarang diketahui orang, berikut beberapa fakta tentang miliarder dermawan itu, dikutip dari laman Business Insider, Minggu (2/2/2020):

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Selamatkan Bisnis Ayah, Pria ini Pilih Putus Kuliah dan Berhasil Jadi Miliarder
Artikel Selanjutnya
Pria 25 Tahun Sukses Jadi Miliarder dari Aplikasi Pemasaran Hotel