Sukses

Catat, Ini Ciri Perusahaan yang Layak Dilamar

Liputan6.com, Jakarta Mendapatkan pekerjaan yang tepat tidak selalu mudah. Meski di luar sana ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang dibuka setiap harinya.

Berbagai tawaran kerja begitu mudah ditemukan, seiring dengan dibukanya lowongan pekerjaan secara online. Sehingga begitu mudah cepat ditemukan oleh siapa saja.

Meski begitu, Anda selaku pencari kerja harus tetap bijak dan jeli menanggapi kondisi ini. Jangan sampai Anda tergoda dengan berbagai penawaran kerja yang menggiurkan dan bahkan tidak masuk akal.

Kenapa? Sebab tidak menutup kemungkinan bukannya mendapatkan pekerjaan yang sesuai, bisa saja justru terjebak dalam pekerjaan yang salah. 

Hindari untuk mengambil tawaran kerja secara sembarangan, apalagi jika pihak perusahaan menjanjikan berbagai kemudahan dan gaji yang besar.

Pastikan meluangkan waktu yang cukup untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan lamaran ke sebuah perusahaan.

Kumpulkan informasi akurat terkait dengan perusahaan yang akan dilamar, sehingga Anda benar-benar yakin untuk melamar di tempat tersebut. Selain informasi tersebut, Anda juga bisa melihat kelayakan perusahaan yang akan dilamar sebagai pertimbangan.

Biar tak terjebak lowongan kerja palsu, catat ciri-ciri perusahaan yang layak untuk dilamar dan menjadi tempat kerja meniti karier, sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

2 dari 4 halaman

1. Perusahaan Memberikan Informasi secara Lengkap

Perusahaan yang tidak profesional biasanya akan membuka lowongan yang tidak lengkap, di mana Anda bisa saja kesulitan untuk menemukan kontak atau bahkan alamat kantor mereka. Hal ini patut dicermati setiap kali membaca lowongan kerja, sebab ini bisa saja sebuah jebakan.

Sebuah perusahaan yang profesional akan mencantumkan informasi mereka dengan lengkap, termasuk kontak yang bisa dihubungi serta alamat kantor mereka dengan jelas. 

Perusahaan seperti ini juga biasanya akan menggunakan alamat e-mail khusus dengan menggunakan nama perusahaan itu sendiri.

Sebagai langkah awal, Anda bisa menghubungi mereka di kontak yang tercantum di sana, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan lamaran kerja di perusahaan tersebut.

2. Perusahaan Menyampaikan Lowongan Kerja yang Jujur

Jika Anda menemukan lowongan kerja yang menawarkan gaji tinggi, jabatan bergengsi, bonus tahunan besar, fasilitas kendaraan terbaru atau bahkan bonus liburan ke berbagai negara, maka Anda wajib berpikir tenang untuk menanggapinya.

Perusahaan seperti ini sudah jelas tidak jujur dalam memberikan informasi dan lowongan kerja yang mereka tawarkan.

Rata-rata perusahaan bereputasi baik hanya akan menawarkan gaji dan fasilitas standar dan juga bonus masuk akal, apalagi untuk jabatan staf baru yang akan mereka rekrut.

Meskipun ada, maka beragam fasilitas yang diberikan tentu akan menyesuaikan dengan masa kerja dan posisi yang akan Anda duduki di dalam perusahaan.

3 dari 4 halaman

3. Perusahaan yang Menunjukkan Energi Kerja Positif

Sudah mengajukan lamaran dan datang untuk sesi wawancara, Anda bisa melihat langsung perusahaan yang akan menjadi tempat Anda bekerja. Cermati dengan baik kondisi lingkungan kerja di perusahaan tersebut, termasuk berbagai fasilitas yang terdapat di sana. 

Pada umumnya, perusahaan yang profesional akan memiliki energi kerja positif dan terasa nyaman untuk semua orang. Lingkungan kerjanya biasanya tenang, meskipun masing-masing orang memiliki kesibukan yang tinggi. Perusahaan seperti ini layak untuk dijadikan sebagai pertimbangan.

4. Perusahaan Punya Lingkungan Kerja yang Fleksibel

Meski baru menjalani sesi wawancara saja, bukan berarti Anda tidak boleh bertanya tentang perusahaan. Hal ini masih sangat wajar, terutama jika yang Anda ajukan adalah pertanyaan seputar pekerjaan, seperti: jam kerja kantor, jenjang karier untuk ke depannya, atau bahkan fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika bekerja di sana.

Sebagian perusahaan mungkin saja akan kaku dan sulit untuk mengeluarkan informasi kepada pelamar yang datang. Namun jika perusahaan memberikan jawaban yang jelas dan akurat, maka Anda bisa lega, sebab perusahaan seperti ini biasanya cukup layak untuk dilamar. 

4 dari 4 halaman

5. Perusahaan Tersebut Sudah Berdiri sejak Lama

Tak harus selalu melamar di perusahaan baru, sebab perusahaan yang lama justru bisa saja memiliki prospek yang lebih cerah.

Perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 7 tahun pada umumnya stabil dan memiliki reputasi baik, sehingga layak untuk dijadikan sebagai pertimbangan.

Perusahaan lama juga bisa saja memberikan jenjang karier yang lebih jelas ke depannya. Bukan hanya itu saja, Anda juga akan lebih mudah untuk mengumpulkan informasi tentang perusahaan seperti ini, jika dibandingkan dengan sejumlah perusahaan yang baru saja berdiri dan belum menyediakan banyak informasi. 

Jeli dan Ajukan Lamaran Anda dengan Yakin

Memilih lowongan kerja perlu Anda lakukan dengan hati-hati, mengingat di luar sana ratusan lowongan kerja dibuka setiap harinya.

Anda perlu selektif dan melakukan riset awal terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mengajukan lamaran.

Tetaplah jeli dalam memilih dan ajukan lamaran dengan penuh keyakinan, sehingga Anda bisa segera menemukan pekerjaan yang tepat dan sudah diimpikan selama ini.

Loading