Sukses

Target Pertumbuhan Ekonomi 2019 Meleset, Istana Sebut Jokowi Tak Ingkar Janji

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 sebesar 5,02 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia belum pernah mencapai target sepanjang 5 tahun terakhir. Bahkan, pada tahun 2019 meleset dari yang dipatok APBN 2019 sebesar 5,3. alam, data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Hal ini, membuat publik mempertanyakan janji Presiden Jokowi.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Addian membantah hal tersebut, saat di konfirmasi Merdeka.com, di ruang pertemuan Hotel Ibis, Jakarta, Sabtu (8/2).

"Ya jadi gini, karena janji itu adalah sesuatu yang merupakan hal harus ditepati, misalkan kita janji mengembalikan uang tapi tidak ditepati, itu melanggar janji. Tapi kalau menetapkan target kan bisa saja mundur atau maju, jadi target itu adalah perkiraan berdasarkan asumsi-asumsi," paparnya.

Ia menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 sebesar 5,02 persen, sesuai dengan rilis Badan Pusat Statistik (BPS). Di anggap cukup memuaskan. Sebab, mendekati target yang dipatok dalam APBN 2019.

"Persoalaanya adalah antara capaian dan target itu besar atau tidak, kalau capaianya 5,02 persen. Itu masih lumayan lah, kita masih mendekati target. Sekali lagi target itu bukan janji," cetusnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Tak Capai Target

Donny mengungkapkan faktor global menjadi salah satu penyebab tidak tercapainya angka pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Perang dagang antara  Amerika dan Tiongkok, sehingga menimbulkan perlambatan ekonomi. Sekarang, ada Corona virus, akan berdampak terhadap ekonomi Indonesia, karena Tiongkok pasar besar bagi kita," ungkapnya.

Ia meminta masyarakat untuk melihat secara komprehensif, tidak hanya menyoroti permasalahan terkait rendahnya angka pertumbuhan ekonomi.

"Meskipun dibawah target, tapi indikator lain angka kemiskinan turun, pengangguran sekarnag hanya sekitar 7 juta, Indeks korupsi kita membaik. Itu masih okelah dalam situasi yang tidak serba pasti" tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi