Sukses

100 Persen Desa di Aceh Telah Dialiri Listrik PLN

Liputan6.com, Jakarta - PLN telah melistriki seluruh desa di wilayah Provinsi Aceh, dengan dialirkannya listrik di Desa Suka Makmur, Kabupaten Aceh Singkil sebagai desa terakhir yang mendapa‎t listrik.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto mengatakan, dengan dialirkanya istrik di Desa Suka Makmur, menjadi Aceh sebagai provinsi pertama di pulau Sumatera yang desanya telah teraliri listrik 100 persen.

"Capaian ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga dukungan dari semua pemangku kepentingan yang ada di Aceh," kata Wiluyo, di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh telah menyelesaikan pembangunan listrik desa sebanyak 6.497 desa yang tersebar di 23 Kabupaten Kota di Provinsi Aceh pada 2019. Target PLN pada tahun 2020 akan masuk lebih dalam lagi hingga ke dusun-dusun.

Adapun total beban puncak PLN UIW Aceh saat ini sebesar 448.43 MW di mana beban Grid yang di pasok dari sistim 150 kV sebesar 431.9 MW yang bersumber melalui Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD )maka Aceh memiliki cadangan energi sebesar 75 MW sehingga sistim kelistrikan di Aceh dalam kondisi cukup aman.

PLN siap menyediakan energi listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk masyarakat dan kalangan dunia usaha yang ada di Aceh termasuk kepada usaha-usaha yang akan dijalankan oleh para investor.

"Kami berharap Pemerintah Aceh untuk dapat terus mengundang investor berinvestasi di Aceh dan PLN siap untuk menyiapkan ketersediaan energi listrik kepada sektor-sektor yang akan diinvestasikan," lanjut Wiluyo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Dukungan

Terkait kesiapan PLN, Pemerintah Aceh siap memberikan dukungan dalam meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana yang ada dalam menunjang ketersediaan energi listrik di provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan elektrifikasi desa 100 persen yang pertama tingkat provinsi untuk pulau Sumatera merupakan sebuah prestasi membanggakan.

"Akhirnya PLN berhasil melistriki seluruh desa di Aceh, desa-desa itu umumnya terdapat di kawasan pelosok dengan medan yang cukup sulit namun Berkat kerja keras tim PLN Wilayah Aceh, semua bisa ditaklukkan, dan seluruh desa ini mendapat jaringan listrik, tentu saja ini sebuah prestasi membanggakan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.