Sukses

PLN: 10 Desa di Halmahera Timur Belum Punya Listrik

PT PLN (Persero) melaporkan saat ini masih ada 10 desa yang belum mendapat listrik di Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) melaporkan saat ini masih ada 10 desa yang belum mendapat listrik di Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara. Sebelumnya 13 desa telah mendapat pasokan listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi Yusrizal mengatakan, untuk melistriki 13 desa PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 88,6 Kilo meter sirkit (Kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 22,8 kms dan 6 buah Trafo Distribusi kapasitas 25 kilo Volt Amper (kVA).

"PLN juga membangun 8 buah Trafo Distribusi kapasitas 50 kVA, dan 5 buah Trafo Distribusi kapasitas 100 kVA," kata Sofifi, di Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Untuk melistriki 13 desa tersebut PLN mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Timur. Bantuan tersebut dalam bentuk biaya pasang baru 1.327 pelanggan dengan total daya tersambung 1.201 kVA, bantuan penebangan pohon sepanjang 88,6 km dan juga pembebas lahan untuk PLTD Wasileo.

Adapun total 13 desa yang akhirnya mendapat pasokan listrik dari PLN, yaitu Desa Wasileo, Desa Dorosago, Desa Doromoi, dan Desa Sosolat di Kecamatan Maba Utara, Desa Maratana Jaya, Desa Tatangapu, Desa Miaf, dan Desa Dorolamo Jaya di Kecamatan Maba Tengah, serta Desa Iga, Desa Labi-Labi, Desa Dowongi Jaya, Desa Tatam, dan Desa Majiko Tongone di Kecamatan Wasile Utara.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 10 Desa

Meski sudah melistriki 13 desa, ternyata masih tersisa 10 desa dari 104 desa di Kabupaten Halmahera Timur yang belum dilistriki oleh PLN. Yaitu Desa Marimoi dan Desa Bololo di Kecamatan Wasile Utara, serta Desa Jara-Jara, Desa Patlean Jaya, Desa Patlean, Desa UPT Patlian SP I, Desa UPT Patlian SP II, Desa Pumlanga, Desa Lolasita, dan Desa Lili di Kecamatan Maba Utara.

Hal ini pun menyisakan 53 desa dari total 692 desa yang segera dilistriki oleh PLN di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai.

PLN pun menjanjikan sesegera mungkin dapat melistriki seluruh desa di Pulau Halmahera dan Pulau Morotai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.