Sukses

Tips Sukses, Buang Jauh-jauh Pikiran Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pemikiran yang selalu positif merupakan kunci untuk memotivasi diri agar jadi lebih baik dan dapat meraih kesuksesan. Dengan memiliki sugesti tersebut, selain sikap menjadi lebih baik, produktivitas pun akan semakin meningkat. 

Namun, meski pemikiran yang positif akan mendatangkan hal positif pula, faktanya, masih banyak orang punya pikiran negatif yang mendominasi. Efeknya, orang tersebut akan cenderung bersikap pesimis dan tidak produktif. Kesuksesan pun akan menjadi lebih sulit diraih.

Karena pemikiran negatif seringkali menimbulkan dampak buruk, maka ada baiknya Anda menyingkirkan jauh-jauh hal tersebut. Sebaliknya, usahakan selalu menanamkan hal positif pada pikiran Anda agar semua tujuan hidup dapat segera tercapai.

Terkadang, pikiran negatif bisa muncul tiba-tiba. Apabila pemikiran tersebut dibiarkan begitu saja, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapat pengaruhnya, sehingga kualitas diri menjadi menurun.

Oleh sebab itu, raih kesuksesan Anda dengan mudah melalui membuang jauh-jauh pikiran-pikiran ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

2 dari 7 halaman

1. “Ah, Sudahlah. Ini Sudah Terlambat”

Usia bukanlah penghalang seseorang untuk mencoba hal baru. Seseorang mungkin mengalami kendala saat berencana untuk masuk perguruan tinggi, sehingga harus memilih gap year

Namun, apabila seseorang tersebut bisa memaksimalkan proses belajarnya, bukan tidak mungkin ia akan meraih hasil yang sangat memuaskan. Buntutnya, mendapat pekerjaan impian karena kerja keras pun tidak akan jadi angan-angan belaka. 

Beberapa tokoh besar pun menghasilkan penemuan di usia yang tidak muda. Misalnya saja pendiri restoran cepat saji populer, Harland David Sanders dari KFC dan Ray Kroc dari McDonald. Kedua tokoh tersebut mencapai kesuksesan mereka di usia yang dapat dikatakan tak lagi muda. 

Pada dasarnya, terlambat untuk melakukan sesuatu masih lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Meski kadang hasil dari hal yang dilakukan secara terlambat tidak maksimal, setidaknya, itu lebih baik daripada tidak menghasilkan apapun, bukan?

Jadi, jangan jadikan alasan terlambat untuk tidak memulai dan melakukan sesuatu hal yang diinginkan. Lakukan, dan temukan impian Anda.

3 dari 7 halaman

2. “Ah, Saya Tidak Yakin Bisa Melakukannya”

Kunci penting untuk bisa meraih kesuksesan adalah percaya dengan kemampuan yang dimiliki. Tapi, ada kalanya muncul pemikiran negatif yang menyatakan bahwa Anda tidak akan mampu melakukan suatu hal.

Alasannya mungkin karena Anda merasa belum memiliki kemampuan yang memadai. Apabila Anda hanya terfokus pada kegagalan akibat termakan pemikiran negatif tersebut, maka Anda termasuk sebagai golongan yang merugi.

Sebabnya, dengan meragukan kemampuan sendiri, Anda telah menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa terus berusaha. Padahal, meski memiliki kekurangan, jika lebih fokus pada kelebihan yang dimiliki, bukan tidak mungkin Anda justru bisa meraih kesuksesan dalam hal yang dilakukan tersebut. 

Kalaupun Anda masih merasa bahwa kemampuan yang dimiliki masih kurang, jalan terbaik yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki diri. Dengan demikian, maka kemampuan yang Anda miliki akan semakin meningkat dan kesuksesan sudah pasti bisa didapatkan.

4 dari 7 halaman

3. “Ah, Sudah Ada yang Melakukannya”

Seseorang mampu mencapai kesuksesannya tanpa harus menemukan atau melakukan sesuatu yang baru. Meski telah ada yang melakukannya, hal tersebut tidak akan jadi penghalang bagi Anda untuk bisa meraih kesuksesan di jalan yang sama.

Poin yang menjadi kunci Anda dalam berusaha tersebut adalah membuat inovasi dari hal yang telah ada tersebut. Apabila Anda mencoba untuk membuat suatu hal yang lebih berguna, maka Anda dapat menghasilkan sesuatu yang lebih digemari oleh banyak orang. 

Jadi, yang Anda perlukan hanyalah ide kreatif dan motivasi untuk merealisasikannya. Dengan demikian, pemikiran negatif bahwa Anda tidak perlu melakukan hal yang telah dilakukan orang lain tidak akan menghambat Anda dalam meraih kesuksesan.

5 dari 7 halaman

4. “Duh, Ini Masih Belum Sempurna”

Seseorang yang perfeksionis rata-rata memiliki hasil kerja yang sempurna dan tentunya memuaskan. Akan tetapi, segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik, bukan? Demikian pula dengan sikap perfeksionis.

Orang dengan kepribadian perfeksionis tentu saja tidak menginginkan hasil kerja yang tidak sempurna, namun juga posisi dan lingkungan kerjanya. Apabila terdapat kekurangan di berbagai hal yang memengaruhi semangat untuk bekerja, maka ini adalah pemikiran negatif yang wajib Anda hilangkan.

Tidak ada pekerjaan yang sempurna. Apabila terus-terusan berpikiran bahwa yang Anda jalani masih belum sempurna, maka pastinya akan sulit untuk merasakan kepuasan dari apa yang telah dihasilkan. Maka, hilangkanlah pemikiran mencari hal yang sempurna, dan tentukan taraf kesempurnaan sepantasnya saja.

6 dari 7 halaman

5. “Apa yang Orang-orang akan Katakan Nanti?”

Salah satu pemikiran negatif yang sering menghantui yaitu perasaan khawatir jika usaha yang tengah dikerjakan akan mendapat cibiran atau celaan dari orang lain. Memang, mungkin terdapat beberapa orang yang tidak memberikan dukungan kepada Anda atau malah memberikan kritik pedas.

Namun, jangan biarkan ketakutan tersebut mendominasi pemikiran Anda. Keberhasilan dapat diraih dengan terus berusaha hingga mampu meraih hasil yang Anda harapkan. 

Daripada fokus mendengarkan cibiran dari orang lain, bukankah lebih baik Anda berusaha untuk membuktikan bahwa Anda akan berhasil? Jadi, fokuslah pada tujuan yang diraih dan hiraukan pemikiran orang lain terhadap yang Anda lakukan.

7 dari 7 halaman

6. “Duh, Kegagalan Kemarin Membuat Saya Merasa Malu”

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Namun, pada saat mencoba sesuatu yang baru, tidak jarang seseorang mengalami kegagalan bahkan hingga berkali-kali.

Meski belum berhasil menghasilkan sesuatu sesuai keinginan, bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Untuk mencapai kesuksesan, jalan yang ditempuh tidak selalu mulus. 

Apabila pemikiran negatif mengenai kegagalan Anda di hari kemarin terus menghantui, maka Anda tidak akan bisa bergerak maju. Sehingga kesuksesan pun akan menjadi sulit untuk diraih. 

Oleh sebab itu, ubahlah pemikiran mengenai kegagalan menjadi sesuatu yang positif. Misalnya, Anda dapat menyatakan kegagalan sebagai tantangan dalam mewujudkan impian, dan Anda harus mencoba berbagai cara untuk mengalahkan kegagalan tersebut.

Dengan demikian, maka Anda akan diliputi pemikiran positif, dan akan terus mencoba serta mengevaluasi diri agar keberhasilan akhirnya bisa diraih.

Pikiran Positif Menghasilkan Pribadi yang Baik

Orang-orang yang sukses selalu berusaha memikirkan hal-hal yang positif dalam hidup mereka. Dengan begitu, mereka paham bahwa pemikiran negatif tidak akan memberikan keuntungan. 

Jadi, perbanyaklah memikirkan hal yang positif seperti terus memikirkan ide kreatif, percaya diri, berani mencoba hal baru, dan terus berusaha serta yakin bahwa Anda bisa meraih kesuksesan. Dengan demikian, maka tentunya Anda bisa mengikuti jejak orang-orang sukses, bukan?

Loading
Artikel Selanjutnya
Sontek 5 Cara Orang Sukses Hadapi Kesulitan
Artikel Selanjutnya
Tahukah? Hal Sepele ini Bikin Tes SIM A Bisa Gagal