Sukses

Rahasia Kesuksesan Miliarder Ternyata Bukan Kecerdasan

Banyak yang berpikir, menjadi miliarder harus membangun bisnis besar dimana kecerdasan jadi tonggak utamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan miliarder selalu menarik untuk diulas. Bagaimana cara hidupnya, bagaimana kesehariannya hingga cara sang miliarder mendapatkan kekayaan melimpah ruah.

Banyak yang berpikir, menjadi miliarder harus membangun bisnis besar dimana kecerdasan jadi tonggak utamanya. Padahal, ada faktor lain yang membuat seseorang bisa sukses jadi miliarder.

Studi dari UBS dan PricewaterhouseCoopers (PwC) menyebutkan ada 3 kunci kesuksesan para miliarder, dikutip dari Business Insider, Kamis (21/11/2019).

Pertama, minat tinggi untuk mengambil resiko. Orang yang mau mengambil resiko (dan bertanggung jawab menerimanya) berpeluang lebih besar jadi miliarder dengan berbagai "kesalahan dan percobaan" yang dia lakukan.

Kedua, mereka fokus melihat peluang bisnis yang tak dilihat oleh usaha lain. Hal tersebut membuat bisnis mereka unik dan mampu menciptakan pelanggan.

Ketiga, mereka memiliki sifat tekun dan gigih. Apapun hasil bisnis mereka, para miliarder tetap terus mencoba menjalankan bisnis tersebut.

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Timbulkan Efek Miliarder

Akumulasi dari ketiga sifat ini membentuk seorang miliarder yang nantinya bakal menularkan "efek miliarder".

Maksudnya, perusahaan yang dipimpin oleh orang ini memiliki kinerja dua kali lebih baik dari perusahaan yang lain.

Studi menunjukkan, perusahaan yang dipimpin miliarder menikmati timbal balik 17,8 persen sepanjang tahun 2003 hingga 2018. Ini lebih tinggi dibandingkan imbal hasil indeks saham MSCI AC World Index yang hanya 9,1 persen.

Dalam enam tahun saja, perusahaan yang dipimpin miliarder jauh lebih unggul dibanding perusahaan sejenisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.