Sukses

Siapa Bilang Milenial Sulit Punya Rumah? Coba Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Rumah bagi kalangan anak muda bisa jadi dianggap sebagai sesuatu yang jauh dari jangkauan. Harganya yang sangat tinggi, kerap jadi hal yang sangat sulit untuk didapatkan. 

Belum lagi jika ternyata rumah belum menjadi kebutuhan yang mendesak. Beberapa hal itu sering kali hinggap di kalangan anak muda. 

Padahal jika kita berpikir lebih jauh lagi, kebutuhan untuk cepat punya rumah bisa dikategorikan mendesak. Terutama bagi Anda yang tinggal di perkotaan.

Semua hal yang berkaitan dengan properti harganya semakin hari makin naik. Penyebabnya adalah jumlah penduduk yang semakin banyak, sedangkan luas lahan tidak akan bertambah.

Lama-kelamaan akan membuat permintaan sangat tinggi. Sedangkan untuk memenuhi permintaan tersebut, jumlahnya tidak berubah. Hal itu bisa meningkatkan nilai dan harga jual rumah sesuai dengan hukum ekonomi.

Pun demikian, bukan berarti bagi mereka yang masih muda akan sulit untuk bisa membeli rumah. Bagi Anda kalangan anak muda, berikut trik yang bisa diterapkan buat beli rumah, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ambil Keputusan untuk Bisa Punya Rumah Sedini Mungkin

Mulailah sedini mungkin dalam menentukan dan menyiapkan biaya untuk membeli rumah. Jika memang memungkinkan, Anda bisa memulainya dari gaji pertama yang Anda dapatkan.

Memulai sedini mungkin akan membuat kesempatan untuk memperoleh biaya membeli rumah semakin lebih besar. Dalam membeli rumah siapapun akan berpacu dengan waktu.

Semakin lama Anda menunggu atau menentukan keputusan, makin mahal pula harga rumah tersebut. Dengan alokasi yang tepat pada penghasilan rutin yang didapatkan, bukan tidak mungkin Anda bisa lebih cepat dalam mendapatkan rumah.

Hilangkan berbagai ego pribadi Anda untuk mendapatkan rumah lebih cepat. Mulai menabung, berinvestasi, atau berbagai macam hal lainnya agar bisa mengumpulkan uang untuk membeli rumah.

Ada banyak sekali kemudahan yang ada di depan anak-anak muda zaman sekarang. Tinggal tentukan keputusan membeli rumah dan pilih hunian idaman.

2 dari 5 halaman

2. Rencanakan dengan Matang dan Konsisten Melaksanakannya

Setelah menentukan keputusan dan niat yang kuat dalam membeli rumah, selanjutnya adalah mulai merencanakannya dengan matang. Rencana tersebut berbentuk target tabungan, dan alokasi yang disesuaikan dengan pendapatan Anda.

Rencana yang rapi, akan mempermudah jalannya proses dalam mengumpulkan biaya yang nantinya akan digunakan membeli rumah. Jika semuanya sudah terencana dengan baik, pastikan Anda melakukannya secara konsisten dan disiplin.

3. Alokasi Gaji untuk Mengupulkan dan Membayar DP Rumah

Alokasi dari gaji yang didapatkan harus disesuaikan dengan semua kebutuhan yang harus dipenuhi. Mulai dari kebutuhan harian, dan juga bulanan.

Gunakan alokasi pendapatan Anda tersebut untuk membayar uang muka. Anda bisa memilih tabungan dalam bentuk deposito. Tabungan jenis ini bisa Anda ambil pada kurun waktu tertentu.

Dari adanya deposito tersebut, bisa Anda gunakan untuk uang muka. Setelahnya, alokasikan gaji Anda sebesar 30 persen buat membayar cicilan rumah tersebut.

3 dari 5 halaman

4. Investasi Emas Dulu agar Lebih Mudah Kumpulkan Uang

Salah satu cara agar Anda bisa cepat mengumpulkan dana buat beli rumah adalah dengan menabung emas. Nilai dari emas ini selalu tetap dan terhindar dari risiko inflasi. Sehingga tabungan Anda untuk bisa beli rumah akan aman dan sesuai dengan target yang ditentukan.

5. Cari Informasi Selengkap Mungkin dan Update Terus

Informasi terkait dengan rumah harus benar-benar diketahui secara update dan jelas. Terutama saat Anda masih mengumpulkan biaya untuk membayarkan uang muka.

Harga dari properti sangat bervariatif. Anda bisa menemukan informasi tersebut dari berbagai media, terutama internet yang pastinya bisa Anda lakukan dengan lebih mudah.

Pemantauan ini akan membuat Anda memahami bagaimana proses pembelian rumah, harga rumah yang murah, kondisi rumah yang sesuai dengan keinginan Anda, dan berbagai macam informasi penting lainnya.

4 dari 5 halaman

6. Kunjungi Berbagai Pameran Properti untuk Dapatkan Promo

Terkadang banyak kesempatan yang menguntungkan bagi para calon pembeli rumah, yaitu pameran rumah yang selalu memberikan promo yang biasanya meringankan beban biaya rencana pembelian rumah tersebut.

Menghadiri acara dan memanfaatkan promo tersebut akan memperbesar kesempatan Anda menemukan banyak hal yang menguntungkan Anda ketika membeli rumah. 

Semakin banyak pameran rumah yang dilihat, makin banyak pula yang bisa jadi pertimbangan sebelum menjatuhkan pilihan.

7. Biar Lebih Ringan, Bisa Beli Rumah dengan Cara KPR

KPR menjadi salah satu metode paling mudah bagi Anda yang baru bekerja. Di mana kondisi keuangan Anda bisa disesuaikan dengan penawaran KPR tersebut.

Ada juga berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan dari KPR tersebut. Anda bisa secara bebas memilih mana KPR yang sesuai, dan juga fitur yang ‘pas’ dengan kondisi keuangan.

5 dari 5 halaman

8. Jika Memenuhi Syarat, Ambil Rumah Bersubsidi

Pemerintah mempunyai program rumah murah yang bisa didapatkan bagi kelompok menengah ke bawah. Ada pemangkasan biaya standar pada rumah bersubsidi tersebut.

Kesempatan untuk mendapatkan rumah ini sangat terbatas. Anda harus selalu memantau dengan cermat, ketika ada program tersebut supaya mendapatkan harga rumah yang lebih murah.

Anda bisa mencari informasi yang disediakan oleh pemerintah, syarat apa saja untuk memperoleh KPR bersubsidi.

Jika Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan rumah subsidi, selangkah buat mewujudkan impian segera punya rumah saat masih muda bukan isapan jempol semata.

Di Mana Ada Kemauan, Di Situ Ada Jalan

Beberapa cara tersebut akan memberikan kemudahan bagi Anda kalangan muda dalam mendapatkan rumah. 

Jadi, pertanyaannya selanjutnya adalah seberapa siap Anda mengambil keputusan membeli rumah? Karena seperti kata pepatah ‘di mana ada kemahuan, di situ pasti ada jalan’. Wujudkan punya rumah selagi muda untuk jaminan masa depan mapan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mau Karier Melesat, Miliki Dulu Kemampuan Ini
Artikel Selanjutnya
Punya Ciri Ini, Berarti Kamu Orang yang Kreatif!