Sukses

Mulai Beroperasi Hari Ini, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Dibuka Gratis

Tol Pandaan-Malang Seksi 4 akan dibuka fungsional tanpa tarif selama satu pekan hingga Kamis, 7 November 2019.

Liputan6.com, Jakarta Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 4 ruas Singosari-Pakis mulai beroperasi tanpa tarif sejak hari ini, Jumat 1 November 2019 pukul 06.00 WIB.

Pengoperasian jalan tol ini diambil berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1026/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis).

Berdasarkan informasi yang diberikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, ruas tol sepanjang 4,75 km tersebut akan dibuka fungsional tanpa tarif selama satu pekan hingga Kamis, 7 November 2019.

Tarif tol akan mulai diberlakukan pada 7 November 2019 pukul 00.00 WIB dengan besaran tarif sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) PUPR Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang.

Sementara bagi pengguna jalan dari wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis tetap dikenai biaya asal gerbang hingga GT Singosari. Hal ini juga berlaku untuk arah sebaliknya, kendaraan yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari.

Sebagai sosialisasi akan beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis), PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) selaku pengelola tol menyebarkan informasi melalui media sosial, spanduk, dan Variable Message Sign (VMS).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rampung 24 Juli 2019

Pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 Singosari-Pakis sendiri telah rampung pada 24 Juli 2019, sesuai BA Serah Terima Sementara (PHO) Pekerjaan Pembangunan Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 dan Underpass Singosari PT Jasamarga Pandaan Malang nomor 06/BA/JPM/DIR/VII/2019.

Selain itu, ruas ini juga telah digunakan sebagai jalur fungsional untuk bantu kelancaran arus mudik dan balik selama libur Lebaran 2019 lalu.

Dengan beroperasinya seksi 4, Jalan Tol Pandaan-Malang kini telah mengoperasikan 35,375 km dari total 38,488 km panjang jalan tol. Sedangkan, untuk seksi 5 (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 km masih dalam tahap konstruksi.

Saat ini, pengguna jalan dari Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui GT Pakis. Demikian pula untuk pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso, apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.