Sukses

Harga Emas Naik di Tengah Lambatnya Negosiasi Perang Dagang AS-China

Harga emas di pasar spot naik 0,5 persen menjadi USD 1.487,73 per ounce.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas naik pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta) di tengah kekhawatiran sikap Amerika Serikat (AS) terhadap Hong Kong yang dapat menghambat negosiasi perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina.

Selain itu, para investor juga menunggu pertemuan puncak Brexit.

Dikutip CNBC, harga emas di pasar spot naik 0,5 persen menjadi USD 1.487,73 per ounce. Sementara harga emas berjangka AS naik 0,6 persen menjadi USD 1.491,60.

 

Dalam situasi memburuk hubungan antara Amerika Serikat dan China pada hari Selasa, Parlemen AS mengeluarkan empat undang-undang yang mengambil garis keras di Beijing, tiga terkait dengan protes pro-demokrasi di Hong Kong, menimbulkan tentangan dari China.

"Banyak orang berpikir ini (undang-undang AS tentang Hong Kong) akan menghambat negosiasi dengan tarif (antara AS dan Cina), jadi sekali lagi, ketika tarif dipertanyakan, orang lari ke emas," kata Michael Matousek, Kepala Trader di Investor Global AS.

Analis juga waspada dengan situasi di Eropa karena mereka menunggu hasil KTT Brexit di Brussels pada Kamis dan Jumat ini yang akan menentukan apakah Inggris sedang menuju kesepakatan untuk meninggalkan blok pada tanggal jatuh tempo, keluar tanpa kesepakatan yang tidak teratur atau penundaan.

Investor juga menunggu pertemuan Federal Reserve AS pada akhir bulan untuk kejelasan tentang penurunan suku bunga lebih lanjut.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paladium

Di tempat lain, paladium naik 2,2 persen menjadi USD 1.770,67 per ounce, setelah mencapai rekor tertinggi USD 1.779,23 sebelumnya.

"Kisah dengan paladium adalah salah satu dari ketidakseimbangan pasokan dan permintaan yang berkelanjutan. Kami memiliki kekurangan pasokan global paladium sejak 2012 dan tampaknya tidak akan berakhir dalam waktu dekat," kata Gregory Leo, Kepala Investasi dan kepala Manajemen Kekayaan Global di IDB Bank yang berbasis di New York.

Logam yang digunakan dalam knalpot kendaraan untuk mengurangi emisi berbahaya ini telah naik sekitar 40 persen sepanjang tahun ini pada krisis pasokan berkelanjutan. Namun, Investor Global A.S Matousek mengatakan lompatan paladium baru-baru ini lebih teknis daripada yang lain.

"Sama seperti emas, jika ada yang menggalangnya seperti itu, trennya tampak hebat dan orang ingin memilikinya, membawa lebih banyak pemain momentum ke dalam perdagangan. Pengemudi di belakang sekitar 75 persen teknis dan 25 persen mendasar, "kata Matousek.

Sementara itu, perak naik 0,1 persen lebih tinggi menjadi USD 17,39 per ounce dan platinum turun 0,4 persen menjadi USD 885,38.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.