Sukses

6 Uang Elektronik yang Jadi Andalan Generasi Milenial Zaman Now

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang makin pesat dan perubahan gaya hidup membuat minat masyarakat terutama milenial zaman now menggunakan uang elektronik untuk transaksi harian semakin meningkat. Terbukti, data Bank Indonesia menunjukkan transaksi uang elektronik hingga Juni 2019 mencapai Rp 11,87 triliun. Angka ini naik drastis sebesar 242 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 3,46 Triliun.

Jika ditelisik lebih jauh, peningkatan transaksi uang elektronik ini karena pertumbuhan transaksi secara online yang tersebar di merchant - merchant offline, e-commerce, maupun transportasi daring. Hingga saat ini, BI mencatat penyelenggara uang elektronik yang mengantongi izin regulator, baik yang berbasis server maupun kartu sebanyak 38 perusahaan.

Nah, dari jumlah tersebut mana nih yang sudah kamu miliki dan jadi andalan sehari-hari? Berikut ini ada 6 uang elektronik yang kerap jadi andalan milenial zaman now?

1. Ovo

OVO adalah aplikasi smart yang memberikan Anda kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points). Ovo begitu populer digunakan untuk transaksi di aplikasi Grab, Tokopedia dan berbagai merchan-merchan offline.

2. Gopay

GO-PAY adalah uang elektronik atau dompet digital atau dompet virtual berupa saldo GO-JEK dan dapat digunakan untuk membayar berbagai layanan GO-JEK dan ragam merchan offline. GO-JEK menyediakan layanan pembayaran parsial, dimana Anda bisa membayar dengan saldo GO-PAY, lalu sisanya bisa dibayarkan dengan uang tunai.

3. Link Aja

LinkAja adalah wajah baru dari TCASH, layanan keuangan digital (e-wallet) milik Telkomsel. Selain itu, LinkAja juga produk teknologi finansial buah sinergi perusahaan kebanggaan bangsa Indonesia, yaitu HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara – termasuk Bank Mandiri), Telkomsel, dan Pertamina.

4. Flash

Flazz BCA adalah sebuah produk e-Money berbentuk kartu yang dikeluarkan oleh BCA untuk melakukan transaksi atau pembayaran digital sebagai pengganti transaksi tunai. Flazz BCA sendiri memiliki teknologi chip dari (Radio Frequency Identification) RFID yang mendukung pemrosesan transaksi lewat sentuhan dalam hitungan detik.

5. e-Money Mandiri

e-Money Mandiri adalah produk e-Money yang diterbitkan oleh Bank Mandiri dalam bentuk kartu untuk melayani kebutuhan transaksi digital di Indonesia. Dengan menggunakan e-Money Mandiri, Anda bisa melakukan transaksi digital sebagai pengganti transaksi tunai.

e-Money Mandiri mendukung teknologi (Radio Frequency Identification) RFID yang memungkinkan pengguna atau pemilik kartu melakukan transaksi lewat sentuhan dalam hitungan detik.Kartu e-Money dapat dimiliki oleh nasabah maupun non-nasabah Bank Mandiri. Pada saat penggunaan, cukup tap kartu maka saldo akan berkurang secara otomatis tanpa tanda tangan maupun PIN.

6. Brizzi

BRIZZI adalah sebuah produk uang elektronik atau e-Money berbentuk kartu diterbitkan oleh BRI untuk melayani dan memproses transaksi digital. Sebagai sebuah produk e-Money, Anda bisa menggunakan BRIZZI sebagai pengganti uang tunai untuk melayani transaksi pembayaran Anda sehari-hari. Seperti layaknya produk kartu e-Money lainnya, kartu BRIZZI dilengkapi  teknologi (Radio Frequency Identification) RFID yang memungkinkan pengguna atau pemilik kartu untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menempelkan kartu ke mesin pembaca dan transaksi bisa langsung diproses.

Menariknya, ini saldo untuk e-Money dan Brizzi kini bisa dilakukan melalui Tokopedia. Selain cara isi saldo yang mudah dan cepat,  top up e money dan top up Brizzi juga bisa menguntungkan karena bisa dapat cashback. Cashback-nya langsung masuk ke ovo point kamu.

Dari sekian uang elektronik di atas mana sih yang sering kamu pakai? Atau masih ada nama perusahaan uang elektronik lainnya? Intinya, dengan sejumlah keuntungan yang ada, sayang banget kalau kamu tidak memanfaatkan keberaan uang elektonik.

Yuk, jadi bagian dari Cashless Society!

 

(*)

Loading