Sukses

Simak 6 Tips Jitu Buat Dongkrak Karier Sebelum Akhir 2019

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara untuk mendapatkan perjalanan karier yang memuaskan. Bisa jadi sekarang Anda sedang dalam ditahap "menyusun kehidupan karier sempurna".

Sebenarnya, ada banyak hal yang bersifat umum untuk mengembangkan karier. Contohnya seperti harus membangun jaringan dengan baik, memilik ide-ide yang kreatif dan juga mempunyai kemampuan organisasi yang baik. 

Namun itu saja tidak cukup. Dikutip dari Forbes, berikut ini 6 langkah jitu untuk mendorong karier ke jenjang yang lebih tinggi sebelum 2019 berakhir:

1. Menjadi agen perubahan

Menurut Rasha Hasaneen yang merupakan wakil presiden Product Management and Innovation di Ingersoll Rand yang dikutip dari Forbes, mengatakan "Perusahaan besar membutuhkan orang untuk tinggal di dalam perusahaan dan mengubah budaya perusahaan menjadi lebih baik".

Ketika Anda frustasi di dalam lingkungan kerja dan mengatakan akan keluar begitu saja, pahami dan ingat betapa sulitnya Anda untuk berada di posisi sekarang. Bisa saja ada yang menginginkan ada di posisi Anda sekarang.

Oleh karena itu, berjuanglah untuk bisa menjadi salah satu agen perubahan yang mampu mengubah budaya yang lebih baik bagi perusahaan.

2. Belajar memahami "bahasa organisasi"

Cara lain yang harus Anda lakukan adalah berorganisasi dengan baik. Seperti mengkomunikasikan ide-ide dan kreativitasan Anda.

Dengan begitu cara yang Anda buat dapat ditiru oleh orang lain dan dapat dijalankan agar menjadi lebih baik.

2 dari 3 halaman

3. Bekerja dengan orang yang mendukung

Bekerjalah dengan orang-orang yang mendukung dari apa yang Anda lakukan dan yang Anda kerjakan. Sebab dukungan adalah sebuah hal yang berarti. Setiap orang memiliki hal unik dalam memandang sesuatu dan menyelesaikan sesuatu. Walaupun beberapa perusahaan menuntut Anda untuk mengikuti langkah yang telah dibuat, tetapi itu menjadi hal yang dapat Anda lakukan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan cara yang Anda inginkan.

4. Persiapkan diri sebelum memberikan sesuatu

Banyak orang memberikan saran bagi wanita karier untuk percaya diri. Termasuk percaya diri dalam apa yang ingin Anda sampaikan untuk perusahaan Anda. Penting untuk membangun percaya diri saat ini. Tunjukkan kepada banyak orang bahwa Anda memahami apa yang Anda jalani.

Salah satunya percaya diri ketika meminta kenaikan gaji karena itu adalah hal yang wajar. Bawalah bukti-bukti kontribusi seperti apa yang telah Anda berikan ke perusahaan. Sehingga hal tersebut dapat menjadi pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan upah Anda.

 

3 dari 3 halaman

5. Dalami pekerjaan baru

Jika Anda tetap memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut dan menekuni pekerjaan lain, ada baiknya Anda dalami terlebih dahulu. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal baru. Bisa saja dengan berpindahnya profesi, Anda dapat menemukan jalan yang lebih baik.

Hal tersebut juga bagus untuk menemukan ide-ide baru dalam pekerjaan. Sekaligus mempertajam keahlian bekerja Anda.

6. Terlibatlah dengan banyak orang

Ketika Anda terlibat dengan banyak orang, Anda tidak pernah tau siapa yang Anda ajak bicara. Berbicara dengan banyak orang bisa saja membuat Anda memiliki pandangan baru dan akhirnya mengubah karier Anda menjadi lebih baik.

Tetapi dalam catatan, berhati-hati untuk tidak terlalu membicarakan hal yang terlewat batas. Apalagi hal-hal buruk tentang orang lain karena dengan cara Anda berbicara sendiri, dapat menggambarkan seperti apa diri Anda sebenarnya di mata orang lain.

Reporter: Chrismonica

Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Galian dan Pengecoran, Sejumlah Jalan di Jakarta Macet
Artikel Selanjutnya
Waspadai Kilat dan Angin Kencang di Dua Kawasan Jakarta Ini