Sukses

Tukar Tambah HP Kini Bisa Lewat Tokopedia

Liputan6.com, Jakarta Tokopedia pada hari ini resmi meluncurkan fitur Tokopedia Tukar Tambah, sebuah aplikasi yang hendak mempermudah konsumen dalam menjual handphone/smartphone lama dengan potongan harga untuk pembelian smartphone berikutnya.

Head of Category Browse & Content Tokopedia, Cynthia Limin, menceritakan, peluncuran fitur ini mulanya diusulkan lantara pihaknya melihat kebiasaan masyarakat saat ini yang hobi memperbaharui telepon genggam. Itu kemudian menyebabkan banyak handphone versi lama yang kemudian menganggur.

"Melihat hal tersebut, Tokopedia melihat adanya peluang untuk bantu masyarakat Indonesia. Kita buat inovasi untuk mempermudah proses tukar tambah yang bisa dilakukan lebih mudah dan cepat, kapanpun, dimanapun," ujar dia saat acara peluncuran di Auditorium Tokopedia Tower, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Menurut laporan yang dibacakannya, ia melihat adanya animo tinggi dari konsumen terhadap Tokopedia Tukar Tambah, dengan tercatatnya jutaan kunjungan pada fitur tersebut selama April ketika awal diluncurkan.

"Semenjak feature tukar tambah diluncurkan, kami mendapatkan response luar biasa dari masyarakat Indonesia. Sudah ada jutaan views terhadap tukar tambah. Rata-rata peningkatan transaksi tukar tambah terjadi lebih dari 250 persen setiap bulan sejak pertama kali diluncurkan," tuturnya.

Cynthia pun menjelaskan, dalam fitur Tokopedia Tukar Tambah pengunjung bisa melakukan proses pengecekan smartphone, baik melalui situs maupun aplikasi Tokopedia. Dengan fitur ini, sambungnya, pengguna dapat melihat langsung harga terpotong setelah smartphone lama dilakukan pengecekan.

"Smartphone baru yang sudah dibeli akan diantarkan langsung ke pengguna oleh kurir, sementara smartphone lama akan diambil," ungkap dia.

 

2 dari 4 halaman

Cepat dan Mudah

Pada kesempatan yang sama, pendiri Laku6 Alvin Yap menyampaikan, pihaknya berkomitmen penuh untuk bekerjasama dengan Tokopedia dalam menghadirkan layanan tukar tambah secara online yang cepat dan mudah.

Sementara VP Digital Marketing Erajaya Swasembada Eric Lee menyatakan, pihaknya juga menyambut baik kerjasama dengan Tokopedia yang hendak memberi kemudahan kepada konsumennya untuk melakukan transaksi pembelian smartphone.

"Erafone akan terus mengerahkan berbagai upaya untuk mendorong seluruh konsumen agar mendapatkan pengalaman pelayanan tukar tambah yang mengesankan," tandas dia.

3 dari 4 halaman

Tokopedia Kantongi Transaksi hingga Rp 18,5 Triliun Sepanjang Mei 2019

Tokopedia berhasil mencatatkan rekor transaksi baru dalam program Ramadan Ekstra yang digelar bulan lalu. Adapun rekor tertinggi yang diperoleh Tokopedia terjadi pada 17 Mei 2019.

Nilai transaksi dalam satu hari itu disebut berhasil setara dengan kesuluruhan transaksi dalam enam tahun terakhir sejak Tokopedia berdiri.

Menurut Co-founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, program Ramadan Ekstra yang digelar oleh Tokopedia menjadi momentum validasi dampak pemerataan dan pertumbuhan ekonomi baru lewat digital.

"Sepanjang Mei 2019, Tokopedia mencatat nilai total transaksi lebih dari Rp 18,5 triliun. Transaksi ini terjadi di 97 persen kecamatan dengan melibatkan 5,9 juta penjual di seluruh Indonesia," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (20/6/2019).

Untuk diketahui, Ramadan Ekstra merupakan tradisi belanja terbesar Tokopedia yang dimulai sejak 2018. Program ini menghadirkan beragam inovasi dan pengalaman menarik dalam berbelanja selama Ramadan.

Tokopedia juga mencatat sejumlah fakta menarik yang terjadi selama Ramadan Ekstra 2019. Salah satunya adalah dibutuhkan 237 ribu pesawat untuk mengangkut seluruh pengunjung Tokopedia sepanjang Mei 2019.

Selain itu, setidaknya dibutuhkan 161 truk untuk mengangkut seluruh kurma yang terjual selama bulan lalu. Ada lebih dari Rp 7 miliar donasi dan zakat yang telah terkumpul melalui Tokopedia selama bulan lalu.

Capaian lain yang tidak kalah menarik adalah Tokopedia kini berhasil menjangkau 97 persen kecamatan di Indonesia. Tidak hanya itu, pada Ramadan Ekstra 2019, Tokopedia dikunjungi 2.500 kali per detik.

Meski program ini sudah usai, Tokopedia menjanjikan tetap akan melanjutkan kejutan dan produk baru. Terlebih, menjelang ulang tahun kesepuluhan marketplace tersebut yang jatuh Agustus 2019.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Nasabah Prudential Bisa Bayar Premi Asuransi di Tokopedia
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Pahami Istilah Keuangan Sebelum Ambil Keputusan