Sukses

321 Mall Gelar Pesta Diskon Besar-besaran

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kali dalam sejarah, masyarakat akan menikmati pesta diskon terbesar dalam sejarah, Indonesia Great Sale. Kegiatan ini akan berlangsung pada 14 Agustus hingga 25 Agustus 2019 di seluruh Indonesia.

"Kita pastikan 321 mal itu ikut acara ini," kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan S, di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Beberapa mal yang tergabung ke APPBI adalah Mall Artha Gading, Kota Kasablanka, Gandaria City, Lippo Mall Puri, Central Park, Taman Anggrek, Baywalk Mall, Tangcity Mall, hingga Senayan City.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy N Mandey, menyebut puluhan ribu toko yang menjadi anggota Aprindo siap mendukung acara ini di seluruh Indonesia. Ini mengingat anggota Aprindo yang mencapai sekitar 45 ribu.

"Artinya di 321 mal kalau kita ada 100 anggota Aprindo, maka 32 ribu toko yang berpartisipasi di seluruh wilayah Indonesia," ujar Roy.

Roy pun mengatakan minat belanja offline masih sangat tinggi ketimbang online. Ia mencatat tahun lalu penjualan ritel offline menyentuh Rp 235 triliun.

Ellen Hidayat selaku Ketua DPD Aprindo di Jakarta menyebut minat masyarakat untuk belanja offline juga masih tinggi, ini mengingat kultur Indonesia yang suka guyub yang menyukai tatap muka, faktor menarik lain yakni banyak acara menarik di mall saat HUT Kemerdekaan.

"Daya tarik dari offline pada saat hari kemerdekaan, hampir semua pusat belanja, tak hanya di DKI, tapi juga di Indonesia mengadakan kegiatan-kegiatan, entar mendatangkan artis, ada kuliner, mendatangkan karakter dan sebagainya," jelas Ellen.

2 dari 4 halaman

Banjir diskon, Warga Jakarta Habiskan Libur Lebaran di Mal

Sejumlah pusat perbelanjaan (mal) terkemuka di DKI Jakarta seperti Grand Indonesia tampak dibanjiri masyarakat menyusul masih banyaknya gerai yang menawarkan diskon hingga 80 persen pada hari kedua libur Lebaran 2019.

Di Grand Indonesia, Jakarta, pengunjung tampak memburu gerai-gerai pakaian jadi baik produksi domestik maupun impor yang menawarkan diskon rata-rata sekitar 50 persen.

Sementara di Plaza Indonesia, diskon bahkan ditawarkan hingga 80 persen oleh produsen dan distributor pakaian atau aksesoris yang tergolong mewah.

Salah satu pengunjung Grand Indonesia, Annisa Sulistyo Rini mengatakan, kesempatan berbelanja barang-barang bermerek dengan diskon yang relatif besar, hanya terjadi di momentum tertentu seperti Lebaran ini.

"Kalau lagi ada diskon sangat lumayan belanja di Grand Indonesia. Dress (pakaian) dari harga Rp 300 ribu bisa menjadi setengahnya. Saya pernah dapat rok dengan harga sangat murah untuk sekelas di Grand Indonesia. Harganya hanya Rp 100 ribu. Itu sangat lumayan," ujar Annisa, dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2019).

Bahkan, Annisa mengaku pernah memboyong sepatu "boots" dengan harga hanya Rp 200 ribu. Padahal, rata-rata harga sepatu "boots" apalagi yang berbahan kulit bisa melebihi Rp 1 juta, bahkan untuk merek-merek tertentu dijual di atas Rp10 juta.

Annisa mengaku lebih gemar berbelanja di Grand Indonesia, ketimbang mal lainnya di DKI Jakarta.

"Di Mal lain yang dekat Grand Indonesia, harganya tetap mahal meskipun sudah didiskon. Ya itu sangat 'segmented" (segmen tertentu). Semua kembali lagi ke merek pakaiannya," ujar dia.  

3 dari 4 halaman

Diskon Hingga 70 Persen, 6 Mal Gelar Midnight Sale

Sebanyak 6 pusat perbelanjaan dan mal menggelar program belanja hingga tengah malam (Midnight Sale) pada hari ini. Program tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019 yang berlangsung pada 25 Mei hingga 23 Juni 2019.

Ketua Pelaksana FJGS 2019, Ellen Hidayat mengatakan, selain dalam rangka FJGS, program Midnight Sale ini juga ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat di ibu kota untuk berbelanja dengan harga yang murah jelang Lebaran.

"Ini untuk memberikan kesempatan belanja diskon dalam menyambut Lebaran," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (26/5/2019).

Menurut dia, secara total ada sebanyak 26 mal yang menyelenggarakan program Midnight sale ini. Program tersebut berlangsung dalam dua periode, yaitu di pekan pertama penyelenggaraan FJGS 2019 pada 24-26 Mei 2019 dan pada Minggu ke 2 yaitu periode 30 Mei hingga 1 Juni 2019 diikuti oleh 7 Pusat Belanja.‎

Tak tanggung-tanggung, lanjut Ellen, diskon yang ditawarkan saat Midnight Sale berlangsung mencapai 70 persen. Selain potongan harga, masing-masing mal juga menggelar beragam hiburan untuk memeriahkan Midnight Sale ini. "Discount up to 70 persen," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Siap-Siap, Pesta Diskon Terbesar di Indonesia Digelar Agustus
Artikel Selanjutnya
Kemenhub Tegaskan Tak Larang Diskon Tarif Ojek Online